Home / Berita / Nasional / Sukseskan Pemilu, 9 April Hari Libur Bagi Pekerja dan Buruh

Sukseskan Pemilu, 9 April Hari Libur Bagi Pekerja dan Buruh

Sukseskan Pemilu 2014 (inet) - kpu.go.id
Sukseskan Pemilu 2014 (inet) – kpu.go.id

dakwatuna.com – Jakarta.  Demi mensukseskan Pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014, maka pemerintah menetapkan bahwa tanggal 9 April merupakan hari libur bagi pekerja/buruh.

Hari libur tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor SE.2/MEN/III/2014.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa dalam rangka pemilu sebagaimana diatur dalam UU No 8 tahun 2014 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 26 tahun 2013 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, ditetapkan sebagai hari libur atau hari yang diliburkan.

Apabila pekerja atau buruh harus bekerja pada tanggal pemungutan suara, maka pengusaha harus mengatur waktu kerja agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya, seperti dikutip dari antaranews.com

Pekerja atau buruh yang bekerja pada tanggal pemungutan suara, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur.

Upah pekerja lembur tersebut dihitung hanya pada saat pekerja/buruh melakukan pekerjaan.

Dalam hal di suatu wilayah/daerah harus dilakukan pemungutan suara ulang, maka penetapan hari libur pemungutan suara ulang berpedoman kepada Peraturan KPU. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Aksi buruh menuntut diberlakukannya upah yang layak. (tempo.co)

PP KAMMI Tuntut Jokowi-JK Ubah Sistem Pengupahan