Home / Berita / Internasional / Afrika / Pengadilan Mesir Gelar Sidang Perdana Wartawan Aljazeera

Pengadilan Mesir Gelar Sidang Perdana Wartawan Aljazeera

Mohamed Fahmy (kiri), Baher Mohamed (tengah), Peter Grist (kanan) Wartawan Aljazeera English yang disidang atas dakwaan pemberitaan bohong dan membantu organisasi teroris. Kamis (20/2) - Foto: aljazeera.net, allvoices.com
Mohamed Fahmy (kiri), Baher Mohamed (tengah), Peter Grist (kanan) Wartawan Aljazeera English yang disidang atas dakwaan pemberitaan bohong dan membantu organisasi teroris. Kamis (20/2) – Foto: aljazeera.net, allvoices.com

dakwatuna.com – Mesir.  Pengadilan Mesir menggelar sidang perdana pada hari Kamis, 20 Februari 2014, terhadap 9 orang wartawan saluran berita internasional Aljazeera English (6 orang diantaranya dilakukan secara in absentia) atas dakwaan pemberitaan bohong dan membantu organisasi teroris.

Ketiga orang wartawan Aljazeera English yang diseret ke hadapan pengadilan Mesir tersebut adalah Peter Grist, Mohamed Fahmy, dan Baher Mohamed, yang ditangkap pada tanggal 29 Desember 2014.

Jaksa Agung Mesir dalam keterangan pers menyatakan bahwa para wartawan saluran berita asing tersebut ditangkap karena telah mempublikasikan pemberitaan bohong yang mengganggu stabilitas masyarakat umum serta memberikan bantuan dana, logistik, dan informasi kepada 16 orang warga Mesir yang menjadi anggota organisasi teroris.

Sementara itu, pihak Aljazeera English menyatakan bahwa proses hukum yang menimpa sejumlah wartawannya tersebut lebih bernuansa tekanan terhadap kebebasan pers dan demokrasi daripada pembuktian terhadap kebenaran pelanggaran yang didakwakan kepada para terdakwa.

Sebelumnya sejumlah lembaga HAM internasional dan beberapa tokoh PBB, di antaranya Komisioner Dewan HAM PBB Navy Pillay, telah meminta otoritas Mesir untuk membebaskan para wartawan local dan asing yang banyak ditangkap sejak penggulingan Presiden Muhammad Mursi oleh militer Mesir pada tanggal 3 Juli 2013 lalu. (aljazeera/rea/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Sejuki

    Dituduh mempulikasikan berita bohong? Berita bohong yg kayak apa? Mempublikasikan fakta itu disebut sebagai kebohongan dan sumber kekacauan Mesir ya? Hmmm… korslet…!

    Bukankah sumber kekacauan yg ada adalah adanya kudeta atau pengkhianatan terhadap penguasa yg sah murni pilihan rakyat yg dibarengi dg penangkapan dan pembunuhan (pembantaian) massal manusia-manusia tak berdosa di Mesir?

    Kenapa selalu menyalahkan pihak lain, jika sumber masalah yg sebenarnya ada pada diri sendiri. Hallo???

Lihat Juga

Aku Terima Dia dan Dua Anaknya