Home / Berita / Nasional / Besarkan Perbankan Syariah, BI Siapkan Langkah Strategis

Besarkan Perbankan Syariah, BI Siapkan Langkah Strategis

BIdakwatuna.com – Jakarta. Bank Indonesia (BI) menyiapkan empat langkah strategis untuk mendukung pengembangan industri keuangan syariah.

Keempatnya, seperti kata Direktur Eksekutif BI Difi Johansyah, diperlukan agar pangsa pasar dan penyebaran industri keuangan syariah semakin besar.

Pertama, jelas Difi, penguatan struktur perbankan untuk mendukung pengembangan dan transformasi ekonomi nasional. Ini meliputi permodalan, likuiditas, dan hal-hal lain terkait dengan aktivitas serta kinerja perbankan nasional.

“Kedua, koordinasi dan kolaborasi mikroprudensial dan makroprudensial untuk stabilitas sistem keuangan,” kata Difi pada “Outlook Perbankan Syariah 2014”. Langkah ini dilakukan melalui kebijakan makroprudensial seperti penentuan giro wajib minimum (GWM) dan rasio pembiayaan terhadap tabungan (FDR).

Jurus ketiga, edukasi dan promosi yang lebih terintegrasi dan masif seperti melalui implementasi Gerakan Ekonomi Syariah. Terakhir, Difi menuturkan, Bank Indonesia menyadari pentingnya sinergi dan koordinasi yang lebih erat antara para pengambil kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Tujuannya, agar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional ke depannya makin bagus.

Pangsa pasar perbankan syariah dalam peta perbankan nasional mencapai 4,8 persen per Oktober 2013. Jumlah rekening di perbankan syariah mencapai 12 juta rekening atau 9,2 dari total rekening perbankan nasional dengan jumlah jaringan kantor mencapai 2.925 kantor. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur BI, Menko Perekonomian dan Ketua OJK.  (setkab.go.id)

Rupiah Tembus 13.000, Jokowi: BI Saja Tenang Saya Juga Tenang

Organization