Home / Berita / Nasional / Jaring Calon Presiden, Gus Solah Gagas Konvensi Rakyat Calon Presiden 2014

Jaring Calon Presiden, Gus Solah Gagas Konvensi Rakyat Calon Presiden 2014

solahudin wahiddakwatuna.com – Jakarta.  Sallahudin Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Solah bersama sejumlah aktivis lainnya menggagas “Konvensi Rakyat Calon Presiden 2014,” yang bertujuan menjaring calon presiden yang tidak terjaring oleh parpol yang ada.

Dalam konferensi persnya di gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2013), adik kandung mendiang mantan presiden Abdurrahman Wahid itu mengatakan pihaknya menetapkan sejumlah kriteria bagi siapa saja yang berniat ikut konvensi.

Kata dia syarat-syarat tersebut pada umumnya sama seperti konvensi-konvensi lainnya, yakni warga negara Indonesia, tidak pernah terlibat pidana yang ancamannya di atas tiga tahun. Namun ia juga memiliki syarat khusus, antara lain tidak pernah terlibat kasus pelanggaran HAM, tidak pernah terlibat korupsi.

“Tidak pernah terlibat kredit macet atau daftar hitam Bank Indonesia, punya keberpihakan yang jelas terhadap ekonomi konstitusi dan berani melakukan renegosiasi kontrak migas dan sumber daya alam lainnya,” katanya.

Peserta yang mendaftar bisa mengajukan dirinya sendiri, atau melalui lembaga partai. Peserta yang lolos seleksi akhir akan mengikuti debat calon presiden di enam kota pada 15 Desember 2013 – 31 Januari 2014, di Medan, Balikpapan, Surabaya, Makassar, Bandung dan Jakarta.

Kandidat-kandidat tersebut kemudian akan di ikut sertakan dalam poling. Peserta dengan elektabilitas paling tinggi akan diumumkan sebagai calon presiden pada 9 Februari 2014.

“Kita akan tawarkan ke partai-partai yang belum mempunyai calon. Kita tidak bisa maju sendiri karena di Indonesia mengajukan calon independen cuma bisa dilakukan untuk pemilihan kepala daerah,” tandasnya. (tribun/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (Foto: Antara - dengan modifikasi)

Pakar Hukum Tata Negara: Kepala Daerah yang Mendaftarkan Diri Sebagai Capres Harus Mundur dari Jabatannya