Home / Berita / Nasional / IPPMD Akan Laksanakan Seminar Dampak Perkebunan Kelapa Sawit di Dondo

IPPMD Akan Laksanakan Seminar Dampak Perkebunan Kelapa Sawit di Dondo

Ilustrasi (Inet)
Ilustrasi (Inet)

dakwatuna.com – Palu. Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo (IPPMD) Palu siap melaksanakan seminar sehari dengan tema “Mengenali Dampak Perkebunan Kelapa Sawit: Solusi atau Bencana?” di Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. Seminar tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 November 2013, demikian disampaikan Iin Afsari, Ketua Panitia Kegiatan Seminar Sehari IPPMD-Palu.

Pada dasarnya, seminar tentang pengenalan dampak perkebunan sawit ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Dondo, bagaimana dampak perkebunan kelapa sawit itu terhadap ekonomi, politik, sosial, dan budaya di sana.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pandangan masyarakat tentang dampak dari perkebunan sawit tersebut.

Mengapa Organisasi Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo (IPPMD) Palu melakukan kegiatan ini? Alasannya adalah karena saat ini, banyaknya kepala daerah yang lagi demam kelapa  sawit, khususnya di Kabupaten Tolitoli. Sehingga, dan kemudian, masyarakat disuguhkan informasi-informasi tentang kebaikan-kebaikan perkebunan kelapa sawit itu. Namun, dampak negatif sama sekali tidak sampai di telinga masyarakat.

Atas inisiatif pemerintah daerah untuk mengundang investor sawit tersebut, menjadi satu landasan bahwa perlu adanya memfasilitasi masyarakat untuk mengetahui dampak-dampak bagi perkebunan sawit.

Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo (IPPMD) Palu, Abdurrahman juga menegaskan, bahwa selama ini, banyak contoh kasus yang bisa dijadikan pelajaran. Di mana daerah-daerah yang ada perkebunan kelapa sawitnya, telah terjadi beberapa kasus, seperti perampasan tanah, diskriminasasi, kriminalisasi, masyarakat cenderung miskin, banjir sering datang, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, IPPMD Palu bertugas untuk membuat seminar sebagai bentuk kontribusi dan pengabdian kami kepada masyarakat Dondo. Ini adalah tugas awal IPPMD Palu. Sebab, masih ada kegiatan-kegiatan selanjutnya yang akan dibuat, yang jelas, menyebarluaskan ilmu pengetahuan atau setidaknya memfasilitasi masyarakat Dondo.

Kami mengharapkan masyarakat Kabupaten Tolitoli, khususnya Kecamatan Dondo dapat menghadiri seminar ini. Agar dapat diketahui, mengenai dampak-dampak dari perkebunan sawit itu.

Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo (IPPMD) Palu, adalah organisasi, kepelajaran, kepemudaan, dan kemahasiswaan, yang berdiri pada tahun 2007. Hingga saat ini, IPPMD Palu memiliki anggota lebih dari 150 orang. (IPPMD-Palu/ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Pranikah DPU DT di Batam: Asyiknya Bangun Cinta