Home / Berita / Internasional / Asia / Keunggulan Perbankan Syariah Indonesia

Keunggulan Perbankan Syariah Indonesia

Layanan di BNI  Syariah (inet)
Layanan di BNI Syariah (inet)

dakwatuna.com – Jakarta.   Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat industri perbankan syariah global, karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Beny Witjaksono, Ketua Divisi Komunikasi dan Sosialisasi Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), mengatakan keunggulan utama Indonesia adalah memiliki penduduk muslim yang terbesar di Indonesia.

“Ini merupakan potensi nasabah industri keuangan syariah,” ujarnya Rabu (6/11/2013).

Keunggulan selanjutnya adalah Indonesia memiliki prospek ekonomi yang cerah dengan pertumbuhan rata-rata di atas 6%. Prospek tersebut juga didukung oleh fundamental ekonomi yang solid..

Dia menambahkan peringkat layak investasi Indonesia menjadi keunggulan yang lain yang mendorong investor asing untuk berinvestasi di sektor keuangan domestik, termasuk syariah.

“Keunggulan terakhir adalah memiliki sumber daya alam yang melimpah yang dapat dijakdikan sebagai underlying industri keuangan syariah,” ujarnya.

Meski memiliki potensi besar, namun perbankan syariah tergolong masih kecil dengan pangsa pasar di bawah 5% dari total perbankan nasional pada Agustus 2013.

Aset perbankan syariah mencapai Rp223,5 triliun pada akhir Agustus 2013, meningkat 38% dari setahun lalu. (bisnis/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (cikalnews.com)

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah

Organization