Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Hakim Presiden Mursi: Rakyat Mesir Tidak Layak Melaksanakan Pemilu

Hakim Presiden Mursi: Rakyat Mesir Tidak Layak Melaksanakan Pemilu

Nabil Salib Awadallah Iryan, yang akan menghakimi Presiden Mursi (twsela)
Nabil Salib Awadallah Iryan, hakim yang akan menghakimi Presiden Mursi (twsela)

dakwatuna.com – Kairo. Terdapat sebuah artikel lama yang ditulis oleh Hakim Nabil Salib Awadallah Iryan menyebutkan bahwa rakyat Mesir tidak layak melaksanakan pemilu.

Nabil adalah kepala pengadilan Banding Kairo atas penunjukan Adli Mansur, presiden kudeta. Selain menjadi kepala pengadilan dan ketua KPU pusat, Nabil juga ditunjuk sebagai hakim yang akan menyidang Presiden Mursi Senin (4/11/2013) besok.

Ternyata Nabil mempunyai pandangan yang sangat kontroversial tentang pemilu. Menurutnya, rakyat Mesir adalah rakyat yang bodoh, sehingga pemilu untuk memilih anggota legislatif dan presiden tidak layak untuk mereka.

Berikut potongan artikel Nabil tentang masalah ini:

“Pemilu memang berhasil dilaksanakan di berbagai negara, terutama negara Barat. Namun demikian, tidak mesti pemilu bisa berhasil dilakukan di Mesir. Para pemilih di negara-negara Barat mempunyai tingkat pengetahuan, wawasan dan ekonomi yang cukup tinggi. Kebutuhan sehari-hari mereka tercukupi, walaupun menjadi seorang pengangguran. Sedangkan di Mesir, lebih dari 70% orang yang berinteraksi kotak suara masih buta huruf, tidak bisa baca tulis. Boro-boro teknologi atau komputer.

Pemilu tidak cocok untuk orang miskin, yang tidak mempunyai kebebasan dalam memilih dan menyaring yang terbaik. Oleh karena itu, kita tunggu sampai rakyat Mesir tidak lagi buta huruf, ada jaminan kesejahteraan, mempunyai kehendak yang bebas dan wawasan yang memadai. Sebelum semua itu terwujud, meniadakan pemilu adalah langkah pertama dalam perbaikan panjang. Tanpa hal tersebut, maka kita hanya akan menipu diri dengan demokrasi, sama seperti puluhan tahun menipu diri dengan yang namanya pemilu.” (msa/dakwatuna/egyptwindow)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kemenangan Erdogan Dinilai Bekukan Rencana Turki Gabung Uni Eropa

Figure
Organization