Home / Berita / Internasional / Eropa / KPMI Belgia Terima Bantuan Dana Untuk Bangun Masjid

KPMI Belgia Terima Bantuan Dana Untuk Bangun Masjid

SAMSUNG DIGITAL CAMERAdakwatuna.com – Brussel. Keluarga Pengajian Muslimin Indonesia (KPMI) Belgia saat ini sedang berupaya untuk membangun masjid di Brussel, Belgia. Dengan pembangunan Masjid ini  diharapkan muslimin Indonesia dapat mewarnai exposure Islam di UE.

Baru-baru ini KPMI menerima bantuan dana sebesar EUR 20.000 yang diserahkan langsung oleh wakil perusahaan penyumbang Agung Hidayatullah selaku GM Marketing kepada Ketua KPMI Sulaiman Syarif di KBRI Brussel, demikian siaran pers, Rabu (12/6/2013).

Penyerahan bantuan yang berlangsung pada Minggu (9/6/2013) disaksikan oleh Ketua Yayasan KPMI Baktiar Hasan, Ketua Panitia Pembangunan Pusat Kebudayaan Islam Indonesia Andi Yudha Asfandiyar, Duta Besar RI Arif Havas Oegroseno, serta puluhan masyarakat Muslim Indonesia yang berdomisili di Brussel, Leuven, Antwerpen, Gent dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Dubes Havas Oegroseno antara lain menyampaikan bahwa sudah saatnya Indonesia memiliki Pusat Kebudayaan Islam Indonesia di Brussel.

“Sebagai ibukota Uni Eropa dan dengan semakin banyaknya pendatang Muslim dari Timur Tengah dan Afrika Utara, maka exposure Islam di Uni Eropa terbatas pada pemahaman masyarakat Eropa pada umumnya yaitu Islam identik dengan Timur Tengah dan Afrika Utara,” ujar Dubes.

Menurut Dubes, dengan adanya Pusat Kebudayaan Islam Indonesia di Brussel, diharapkan masyarakat Belgia pada khususnya dan Uni Eropa pada umumnya mengetahui wajah Islam Indonesia yang moderat dan toleran, serta menghargai kemajemukan.

“Khususnya karena masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam senantiasa tumbuh bersama dalam keberagaman etnik, bahasa, budaya dan agama,” terang Dubes.

Dana bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap rencana KPMI mendirikan masjid dan Pusat Kebudayaan Islam Indonesia di Brussel, yang diambil dari 2,5% keuntungan perusahaan.

Selain KPMI, bantuan dana juga diberikan masing-masing sebesar Euro 2.500 kepada wakil dari masyarakat Muslim Indonesia PPME Den Haag dan Wakil dari masyarakat Muslim Indonesia di Warsawa.

Acara penyerahan bantuan dana juga diisi dengan pelaksanaan shalat gaib berjamaah untuk almarhum Ketua MPR RI Taufik Kiemas, pembacaan doa dan Asmaul Husna, serta persembahan musik rebana dari ibu-ibu anggota Pengajian KPMI Antwerpen. (es/dtk)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (Aki Awan)

Kelu Lidah di Lelantai Haramain