Home / Berita / Nasional / Innalillahi, Tokoh Pers Djafar Assegaf Wafat

Innalillahi, Tokoh Pers Djafar Assegaf Wafat

Djafar Assegaf
Djafar Assegaf

dakwatuna.com – Jakarta. Seorang wartawan yang juga pernah menjabat sebagai diplomat, Djafar Assegaf, meninggal dunia, Rabu (12/6) di RSCM, Jakarta. Beliau meninggal setelah sekian lama menderita sakit dan dirawat di rumah sakit tersebut.

Pemimpin Redaksi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Akhmad Kusaeni, menyatakan bahwa Djafar Assegaf semasa hidupnya merupakan tokoh pers yang dikenal luas sebagai wartawan diplomat. “Kantor Berita Antara sangat berduka atas wafatnya Pak Djafar yang pernah menjabat Wakil Pemimpin Umum Antara,” katanya berbelasungkawa.

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Munggang Condet Balekambang Nomor 58 Jakarta Timur dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional di Kalibata, Jakarta Selatan. “Kami kehilangan tokoh pers yang selama hidupnya didedikasikan untuk memajukan pers dan etika jurnalis, baik dalam pendidikan maupun praktik nya,” kata Akhmad.

Djafar, kata dia, juga dengan konsisten menjalankan diplomasi pers sehingga dalam karier nya pernah menjabat sebagai Dubes RI di Vietnam. “Ia adalah penerus wartawan diplomat dari Kantor Berita Antara. Sejumlah wartawan Antara yang pernah menjadi Dubes, antara lain, Adam Malik di Uni Soviet, August Marpaung di Australia, Makmur WIdodo di Perwakilan Tetap RI di PBB,” katanya.

Ia berharap akan lahir lagi wartawan diplomat penerus Assegaf, Adam Malik, Marpaung, dan Widodo. Bagi Kantor Berita Antara, katanya, Djafar adalah pimpinan yang pertama kali melakukan sistem komputerisasi di redaksi dan produk Antara pada akhir 1980-an.

“Dahulu wartawan Antara membuat berita pakai mesin ketik, lalu Pak Assegaf mendapatkan hibah komputer NEC dari Jepang. Maka, wartawan Antara termasuk media pertama yang memakai layanan komputer di Indonesia. Itu berkat Pak Assegaf,” katanya. (dm/rol)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

ilustrasi (inet)

Biografi Imam Empat Madzhab: Imam Malik bin Anas (Selesai)