Home / Berita / Internasional / Asia / Bidang Dakwah Al-Quran Selangor Gelar Sehari Bersama Al-Quran (SABAQ)

Bidang Dakwah Al-Quran Selangor Gelar Sehari Bersama Al-Quran (SABAQ)

sabaqdakwatuna.com – Selangor.  Mengambil tempat di Sekolah al-Amin Sungai Tangkas, Selangor, Malaysia, Ahad 19 Mei 2013, Bidang Dakwah Al-Quran Selangor menggelar acara Sehari Bersama Al-Quran. Acara yang merupakan follow up dari Mukhayyam Nasional Al-Quran itu, berlangsung selama satu hari penuh, mulai pukul 08 pagi waktu setempat hingga petang hari.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Acara, Ardiansyah Ashri Husain, Lc. menyatakan bahwa acara ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh masyarakat Indonesia di Selangor. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan, “Acara ini akan rutin diadakan dalam rentang waktu setiap 6 bulan sekali.”

“Terlahirnya Da’iyah Qur’aniyah di Malaysia yang akan menjadi penggerak dakwah bil Qur’an yang mampu mewarnai, mengajar dan menjadi pionir dalam berinteraksi dengan Kitabullah” lanjut beliau ketika menjelaskan visi dari acara yang familiar dengan istilah SABAQ itu.

Acara yang diikuti lebih kurang 70 peserta ini, berlangsung dengan sangat khidmat dan penuh kekhusyuk-an. Sejak awal acara, para peserta sudah dihadirkan dengan suasana qur’ani yang kental terasa. Di permulaan, dua sesi penyampaian materi yang disampaikan oleh para Asatidz sangat memotivasi. Sesi pertama yang bertema ’Motivasi Membaca dan Menghafal Al-Quran’ diikuti materi ’Tips-tips Menghafal Al-Quran’ diikuti oleh para peserta dengan antusias.

Setelah sesi materi, para peserta mulai berinteraksi langsung dengan Al-Quran. Panitia yang membagi para peserta ke dalam kelompok-kelompok kecil, memberikan kewajiban kepada masing-masing peserta untuk membaca Al-Quran minimal 5 juz infiradi (secara sendirian) selama pelaksanaan acara. Selain membaca, mereka juga mendapatkan kewajiban menyetorkan hafalan sebanyak setengah juz dari juz 30 kepada musyrif (bagi peserta lelaki) dan musyrifah (bagi peserta perempuan) yang telah ditunjuk oleh panitia.

Acara yang bertemakan ’Menjadi Pribadi Da’i Qurani Mitsali’ itu berakhir pada pukul 06.30 petang waktu setempat, setelah sebelumnya diadakan taujih terakhir, seremonial penutupan, pembagian hadiah peserta terbaik dan evaluasi acara.

Best, lah. Acara yang sangat bagus untuk mengakrabkan lebih erat lagi antara kita dengan Al-Quran. Mudah-mudahan Allah beri umur panjang sehingga bertemu dengan SABAQ II,” ujar Cak Win, salah satu panitia yang merangkap sebagai peserta. (wpw/PIP)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Penyebutan Kata “Mesir” di Dalam Al-Quran