Home / Berita / Internasional / Afrika / Populasi Muslim Zimbabwe Meningkat Pesat

Populasi Muslim Zimbabwe Meningkat Pesat

dakwatuna.com – Diperkirakan populasi Muslim di Zimbabwe berjumlah lebih dari 1,2 juta orang. Dalam dua dekade terakhir, dakwah yang dilakukan komunitas Islam bisa dibilang cukup sukses di antara mayoritas Kristen.

Seorang guru di sekolah menengah khusus perempuan di Harare yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan, ada peningkatan siswa yang pindah ke agama Islam.

Mereka menjadi mualaf atas dorongan orang tuanya yang merasa Islam akan membantu memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka.

Namun, ia mengatakan, siswa Muslim di sekolahnya kesulitan berinteraksi dengan temannya karena biasanya mereka tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga. Siswa Muslim di sekolah ini, termasuk anak diplomat Muslim biasanya bersikap konservatif.

Masjid berada hampir di semua kota besar, termasuk 18 Masjid di ibu kota Harare dan delapan Masjid di Bulawayo. Sejumlah Masjid juga bisa ditemukan di wilayah pedesaan.

Masjid yang terbesar selesai dibangun pada 1982 terletak di Ridgeview di pinggiran Harare. Masjid ini mampu menampung 2.000 jamaah. Hal ini menggambarkan komunitas Muslim telah berkembang di kota itu sejak isolasi internasional berakhir di 1980.

Misi Islam Zimbabwe (ZIM) yang dikepalai Sheikh Adam Moosa Makda berlokasi di Kwekwe. Komunitas Muslim melebarkan dakwahnya dengan bantuan Badan Muslim Afrika (AMA) yang disponsori Kuwait. AMA adalah sebuah pusat pembelajaran bagi para Imam.

Islam tiba di Zimbabwe satu milenium yang lalu atau sekitar tahun ke empat Hijriyah ketika Muslim mendirikan kerajaan di pesisir Afrika Timur.

Selama kurun waktu tersebut pedagang budak Muslim memperluas bisnisnya hingga mencapai Zimbabwe. Selama ratusan tahun lebih dari empat juta budak diculik dari Zimbabwe dan negara sekitarnya.  (an/asi/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (huffingtonpost.com)

Be a Real Muslim

Organization