20:51 - Jumat, 19 September 2014

Metode PKB Merekrut Caleg Sangat Beda dengan Partai Lain

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 04/03/13 | 22:22 | 22 Rabbi al-Thanni 1434 H

Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (inet)

Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (inet)

dakwatuna.com - Setelah sukses melewati ujian pertama untuk lolos verifikasi, kini partai politik harus mampu lolos seleksi jilid dua. Yaitu, merampungkan berkas daftar calon anggota legislatif ke KPU dengan batas akhir pada bulan April mendatang.

Tentu ujian jilid dua ini tak mudah. Masalah penjaringan calon anggota legislatif tidak mudah diurai karena senantiasa diwarnai kerumitan tersendiri. Tak heran, ada sejumlah partai yang berusaha menjaring caleg dengan cara memasang iklan di sejumlah media massa. Bahkan, ada pula yang mengiming-imingi akan memberikan insentif dalam jumlah tertentu kepada caleg yang mau mendaftar.

Terkait dengan pemenuhan kuota caleg pada Pemilu 2014 mendatang, Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, H Andi Muawiyah Ramly menyatakan, metode PKB merekrut caleg sangat berbeda dengan partai lain.

PKB telah mulai menjaring caleg sejak jauh-jauh hari. Terhitung sejak April 2012 lalu, Green Party telah membuka pendaftaran bakal caleg di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat. “PKB sejak lama telah membuka pendaftaran bagi bakal caleg dan terbuka secara umum,” ujarnya.

Dalam kaitan ini, kata pria yang akrab dipanggil Bang Andi itu, PKB juga memprioritaskan merekrut caleg perempuan guna memenuhi kuota 30 persen perempuan. Dia pun menegaskan, PKB tidak pernah memasang iklan di media seperti sejumlah partai lain. “Dan PKB juga tidak pernah memberikan iming-iming apapun,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Bang Andi, PKB sejak awal pembukaan pendaftaran caleg telah membuka diri kepada semua kalangan. Baik dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), profesional, birokrat, artis, akademisi maupun masyarakat dari latarbelakang lain.

“Sebagai partai terbuka, PKB sejak awal pembukaan pendaftaran telah menggunakan metode terbuka, maksudnya siapa pun bisa mendaftar menjadi caleg dari PKB asalkan siap untuk bekerja dan benar-benar memiliki niat untuk membangun PKB dan bangsa ini,” urainya.

Terkait dengan hasil penjaringan caleg, Bang Andi menambahkan, hingga saat ini calon anggota legislatif yang sudah mendaftarkan diri ke Sekretariat Jenderal DPP PKB sudah mencapai 1.000 orang. Sedangkan kuota yang harus dipenuhi oleh PKB hanya 650 orang saja untuk berlaga memperebutkan kursi DPR RI. “Ini sangat luar biasa sekali,” singkatnya. (pkb.or.id)

Redaktur: Samin Barkah, Lc

Topik: ,

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (5 orang menilai, rata-rata: 1,00 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
49 queries in 1,386 seconds.