Home / Berita / Daerah / Setiap Jum’at PNS di Aceh Timur Wajib Mengaji

Setiap Jum’at PNS di Aceh Timur Wajib Mengaji

Ilustrasi - Peta Provinsi Aceh (inet)
Ilustrasi – Peta Provinsi Aceh (inet)

dakwatuna.com – Banda Aceh. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur menerapkan pengajian bagi pegawai negeri sipil (PNS) setiap hari umat, sebagai salah satu komitmen melaksanakan Syariat Islam menyeluruh (kaffah) di Provinsi Aceh.

“Pelaksanaan pengajian bagi PNS jajaran Pemkab Aceh Timur itu akan dimulai pada pekan ini, sesuai instruksi Bupati Hasballah M Thaib,” kata Kabag Humas dan Protokol Aceh Timur, Syamsul Qamar di Banda Aceh, Selasa (22/1).

Kegiatan pengajian di kalangan PNS setiap Jumat itu juga merupakan bagian dari mengisi penyelenggaraan keistimewaan Aceh bidang kehidupan beragama, kehidupan adat, pendidikan dan peran ulama dalam penetapan kebijakan daerah.

“Karenanya, bupati mengeluarkan instruksi agar seluruh PNS Aceh Timur untuk melaksanakan pengajian setelah selesai shalat jumat,” kata dia menambahkan.

Program pengajian juga bertujuan meningkatkan ketaqwaan PNS dan Melaksanakan Syariat Islam. “Tujuan dan sasaran dari program itu juga untuk melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai agar meningkatkan ketaqwaan dan menjalankan syariat Islam secara menyeluruh di Aceh,” kata Syamsul Qamar.

Aceh sebagai salah satu provinsi berotonomi khusus dengan Undang-Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) memiliki kewenangan menjalankan Syariat Islam kaffah.

Syamsul menjelaskan, khusus untuk PNS sekretariat Kabupaten Aceh Timur, akan menggelar pengajian setelah selesai pelaksanaan Shalat Jumat di Mesjid Agung Darussalihin, Idi.

Sedangkan pengajian di tingkat kecamatan dilaksanakan oleh dimasing-masing kecamatan. Selain pengajian PNS setiap Jumat, Pemkab Aceh Timur juga akan melaksanakan program sunatan masal gratis bagi anak yatim dan miskin di kabupaten tersebut. (Djibril Muhammad/Antara/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Warga Palestina menjaga Al-Aqsha dari serangan Zionis Israel. (alresalah.net)

Hamas Hari Ini Serukan Aksi “Jumat Amarah” untuk Selamatkan Al-Aqsha