Home / Berita / Opini / Fenomena Banjir di Ibukota

Fenomena Banjir di Ibukota

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Banjir Jakarta (inet)
Banjir Jakarta (inet)

dakwatuna.com Banjir yang kini tengah terjadi di Jakarta merupakan suatu masalah besar yang sedang terjadi. hal ini menjadi suatu PR bagi pemerintah.

Banjir tidak hanya terjadi di Thamrin dan Sudirman, namun juga terdapat di 29 titik lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun yahoo.com kamis (17/1), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan curah hujan harian tertinggi di Jakarta pada Selasa dan Rabu pagi hanya sekitar 100 milimeter. Angka itu jauh lebih rendah dibanding rekor curah hujan tertinggi dalam satu hari yang terjadi pada Januari 2007 yang mencapai 340 milimeter. Curah hujan sepanjang Januari ini yang diprediksi 300-400 mm juga dianggap masih normal.

Curah hujan di kawasan Puncak juga lebih rendah dibandingkan lima tahun lalu. Pada 2007 lalu, curah hujan selama sebulan di kawasan Puncak bahkan bisa mencapai 640 mm, dengan curah hujan maksimum harian adalah 136 mm.

Hal ini memebuktikan bahwa banjir yang terjadi di Jakarta bukan hanya karena hujan yang terjadi terus menerus, namun juga dikarenakan sungai-sungai di Jakarta semakin kehilangan kemampuan mengalirkan air yang disebabkan oleh penyepitan dan pendangkalan sungai. Selain itu daya serap air di kawasan puncak bogor semakin melemah.

Bagaimana cara mengatasi banjir yang terus menerus menghantui kota Jakarta? Apakah hanya pemerintah saja yang berkerja dan menyelesaikan masalah ini? bagaimana dengan masyarakat dan industri-industri yang sering kali merusak lingkungan dengan cara membuang limbah dan sampah ke sungai? Bukankah seharusnya masyarakat berkejasama dalam menyelesaikan masalah ini dengan cara untuk tidak mengotori sungai dan menjaganya.

About these ads

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Mahasiswi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah, Jakarta.

Lihat Juga

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pangandaran menyebabkan 8 kecamatan tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 20 – 180 meter. (Putri/PKPU)

Hujan Deras Akibatkan Longsor dan Banjir di Pangandaran

Organization