Home / Berita / Silaturahim / Tarhib Ramadhan dan Jalsah Ruhiyah FORKOMMI Penang, Malaysia

Tarhib Ramadhan dan Jalsah Ruhiyah FORKOMMI Penang, Malaysia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(ist)

dakwatuna.comMenjelang kehadiran bulan Ramadhan 1433 H, Panitia Ansyitah Ramadhan Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia (FORKOMMI) Penang menggelar kegiatan Kuliah Sabtu pagi, pada 14 Juli 2012 bertempat di Masjid Kampus USM. Acara ini merupakan kolaborasi FORKOMMI, PPI USM (Universiti Sains Malaysia), dan IPMI Penang.

Ust. Al Hilal Furqan selaku pembicara menyampaikan materi bertajuk Keutamaan Ramadhan di hadapan sekitar 30 orang peserta dari kalangan mahasiswa dan pekerja Indonesia yang berada di wilayah Pulau Pinang. Dalam taujihnya, Ust. Al Hilal mengupas keutamaan-keutamaan yang terdapat di bulan Ramadhan, seperti pahala yang dilipatgandakan dan kesempatan untuk berbuat baik yang dipermudah. Selain itu, dijelaskan juga manfaat puasa bagi kesehatan.

Pada keesokan harinya, Ahad 15 Juli 2012, FORKOMMI mengadakan acara Jalasah Ruhiyah yang diikuti oleh para peserta akhowat yang selama ini secara rutin mengikuti pengajian-pengajian yang diadakan FORKOMMI. Kegiatan yang digelar di Masjid Kampus USM ini terutama dimaksudkan untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan 1433 dan mengeratkan ukhuwah di antara masyarakat Indonesia di Penang dan sekitarnya.

Untuk mengkondisikan suasana ruhiyah, sebelum acara Jalsah Ruhiyah secara resmi dibuka, para peserta diarahkan untuk melaksanakan sholat Dhuha, Tilawah, dan setoran hapalan. Ustadzah Murtiningsih dari Kuala Lumpur yang bertindak selaku pemateri mengupas topik “Hikmah Ramadhan dan Kesehatan”. Beliau juga mengajarkan cara bersenam bagi para akhowat di bulan Ramadhan (di sela-sela aktivitas kerja) disertai dengan praktiknya. Para peserta yang berjumlah 27 orang sebagian besar adalah karyawan di berbagai kilang (perusahaan/pabrik) di daerah Penang dan sekitarnya. Sebelum diakhiri dengan muhasabah dan doa, peserta secara bersama-sama membaca dzikir Al-Ma’tsurat. Tak lupa, panitia menyediakan makan siang untuk semua peserta.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mochammad Arif Budiman
Mengenyam bangku sekolah di MAPK Martapura, Kalimantan Selatan, kemudian melanjutkan studi ke Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dan Program Magister IAIN Sunan Ampel, Surabaya. Saat ini, penulis mengambil Program Doktor Ekonomi Islam di International Islamic University Malaysia (IIUM). Penulis bekerja sebagai dosen di Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

Lihat Juga

Penyanyi rap Namewee yang dituduh menghina Islam (ibtimes.com)

Penyanyi Rap Kenamaan Malaysia Ditangkap Setelah Dituduh Menghina Islam