Home / Berita / Rilis Pers / Pernyataan Sikap PP Pemuda PUI Tentang Korupsi Pengadaan Al-Quran

Pernyataan Sikap PP Pemuda PUI Tentang Korupsi Pengadaan Al-Quran

Logo PUI.

dakwatuna.com

10 Juli 2012

SALAM PEMUDA ….!!!!

SAVE KEMENAG ….!!!!

TURUNKAN WTP KEMENAG  !!!

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Korupsi Al-Qur`an di Kemenag, jelas mencoreng wajah umat Islam. Kita ditampar dengan skandal yang memalukan. Kitab suci paling sakral itu dikorupsi secara berjamaah. Padahal publik mafhum, korupsi adalah kejahatan apalagi mengkorupsi Al-Qur`an. Dampaknya ke mana-mana. Dan umat Islam paling dirugikan atas kasus ini. Patut kita pertanyakan, sejauh mana integritas lembaga kawalan Surya Dharma Ali ini dan sejauh mana Kemenag berlalu dari lingkaran hitam. Kita masih ingat dengan laporan ICW, bahwa Kemenag merupakan lembaga korup. Bahkan sudah dilaporkan ke KPK, meski belum ada tanggapan. Misalnya kasus haji yang tidak kunjung tuntas.

2010, ICW menemukan adanya kenaikan ongkos haji yang tidak wajar, yakni US$3.844  menjadi US$4.043. Dan 2012, korupsi Al-Qur`an mencuat hanya berselang beberapa hari sejak mendapat status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Maruarar Sirait dari Komisi XI mempertanyakan keabsahan laporan ini. Menurutnya, dengan adanya kasus Al-Qur`an ini sangat bertolakbelakang dengan status hasil audit BPK, Selasa (3/7/2012). Secara logika orang awam saja, ada indikasi yang perlu dipertanggung jawabkan atas laporan itu. Apakah BPK yang tidak jeli atau Kemenag yang bermasalah dalam pelaporan.

Status WTP dari BPK adalah prestasi, tidak semua lembaga bisa mendapatkannya. Terlebih kecermatan dan integritas BPK yang masih dipercaya sebagai tolak ukur. Ukuran keberhasilan dan kebersihan institusi dalam penggunaan anggaran keuangan negara. Namun jika dikemudian hari ada indikasi pelanggaran penggunaan keuangan, maka status WTP pun bisa berubah bahkan diturunkan semestinya. Untuk WTP Kemenag, jika BPK tidak menurunkan status WTP-nya maka kinerja BPK patut dipertanyakan. BPK mewakili lembaga negara yang bertugas melakukan audit negara. Jika kinerja audit itu dipercaya, maka kehormatan negara pun terjaga. Di tengah maraknya korupsi, kesalahan kecil akan berdampak luar biasa bagi persepsi masyarakat. Sebab hakikat demokrasi karena adanya kepercayaan bangsanya terhadap lembaga negara.

Dengan demikian, demi menjaga integritas BPK di mata publik. Kami Pimpinan Pusat Pemuda Persatuan Umat Islam (PP Pemuda PUI) yang merupakan elemen bangsa, menyatakan sikap:

  1. Dalam kasus ini, kinerja BPK menjadi sorotan, maka kami mendesak BPK segera menurunkan status WTP Kemenag.
  2. BPK segera melakukan audit ulang terhadap Kemenag secara menyeluruh, sebagai pembuktian independensi BPK dalam penyelamatan uang negara.
  3. KPK segera menahan pejabat Kemenag yang diduga bersekongkol dengan Zulkarnaen Djabar dkk.

Pengurus Pusat

Pemuda Persatuan Ummat Islam

(PEMUDA PUI)

 

Iman Budiman                                                                                                                   Raizal Arifin

Ketua Umum                                                                                                                      Sekretaris Umum

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis.

Komisi VIII Berharap Pengurusan Visa Jamaah Haji Tidak Terlambat