Home / Berita / Silaturahim / Seminar Sehari KJRI-IKMI: “Hari Ini TKI, Besok Pengusaha”

Seminar Sehari KJRI-IKMI: “Hari Ini TKI, Besok Pengusaha”

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peserta mengikuti acara dengan Antusias. (ist)

dakwatuna.com – Johor. Terselenggara seminar bisnis “Hari Ini TKI, Besok Pengusaha”, Ahad 26 Februari 2012, oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Johor, bertempat di Dewan KJRI Johor Bahru, berlangsung dari pukul 09.00-16.00 waktu setempat.

Ketua IKMI, Dimas Pradhasumitra dalam kata sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan seminar bisnis ini sebagai  Soft Louncing (agenda pembuka) dari kegiatan Inkubasi Bisnis Indonesia tahun 2012 oleh IKMI, yang merupakan rangkaian program setahun yang menjembatani kemandirian TKI setelah nanti kembali ke Indonesia, dalam kesempatan terpisah, mahasiswa magister UTM ini mengatakan: “Kegiatan ini untuk mengajak TKI menjadikan waktu selama bekerja di Johor sebagai waktu yang produktif untuk menyiapkan langkah dan menyusun rencana untuk kembali ke Indonesia”.

Inti dari seminar ini adalah perubahan positif, hanya 0,24% pengusaha dari seluruh penduduk Indonesia, ini masih jauh dari target pemerintah 2% pengusaha dan kalau dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya masih jauh tertinggal, demikian sebagian sambutan yang disampaikan Ibu Woro Sawitri Sudharmanto Pensosbud KJRI yang mewakili Konsulat Jenderal. Beliau sangat mendukung acara-acara seperti ini karena sangat relevan untuk mendorong TKI agar menjadi Pengusaha.

Pembicara pertama Yusup Himawan Pengusaha Sukses Indonesia di Malaysia memotivasi peserta di awal acara dengan menjelaskan pengusaha sukses adalah Rasulullah Nabi Muhammad SWA. Menyampaikan materi dengan penuh semangat beliau menjelaskan tentang syarat pengusaha, cara memulai bisnis bagi pemula dan manajemen usaha.

“Apapun yang kita akan lakukan maka konsultasikan pada Allah” kata pembuka yang sangat menyentuh disampaikan oleh Kresno Daruwicaksono Pakar Agribisnis dari Yogyakarta yang menjelaskan tentang usaha jamur. Freelance bagian Pajak dan Keuangan di beberapa perusahaan dan pengusaha jamur serta tambak ikan ini membawa berbagai media mulai dari tempat tumbuh jamur maupun hasil olahan jamur yang di perlihatkan kepada peserta. Peserta dimotivasi untuk segera menjadi pengusaha/juragan esok hari tanpa menunggu pulang ke Indonesia sesuai dengan tema acara.

Seksi tanya jawab berlangsung seru, banyak peserta yang ingin bertanya tidak kesampaian karena terbatas waktu, ternyata pertanyaan peserta tidak saja bagaimana memulai dan kiat-kiat peluang usaha tapi juga mengkonsultasikan usaha-usaha yang sudah mereka jalankan, ada yang beternak kambing, burung puyung dan jualan.

Acara yang diisi dengan sangat interaktif oleh pembicara membuat peserta yang berjumlah 260 orang ini tetap bersemangat dan tidak terlihat ada yang mengantuk walaupun sebenarnya merupakan waktu istirahat peserta yang sebelumnya banyak yang bekerja malam.

Rasa syukur meliputi semua panitia di akhir acara, berharap acara ini tidak sampai di sini saja dan peserta yang merupakan TKI di Johor tetap terus bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara inkubasi bisnis Indonesia oleh IKMI sampai setahun ke depan.

Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung” (QS. Al-Jumu’ah: 10)

(itag)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Save Children from LGBT dalam Seminar Parenting “Deteksi Dini pada Orientasi Seksual”