Home / Berita / Internasional / Asia / Ikhwanul Muslimin Desak Turki Akui Oposisi Suriah

Ikhwanul Muslimin Desak Turki Akui Oposisi Suriah

Demonstran memprotes Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah Shalat Jum'at di Hula, dekat Homs, 14 Oktober 2011. (Reuters Picture)

dakwatuna.com – Damaskus. Kelompok Ikhwanul Muslimin mendesak Turki agar mengakui Dewan Transisi Nasional (Oposisi Suriah) yang saat ini sedang berjuang menumbangkan rezim Presiden Bashar al Assad.

“Turki harus mengakui Dewan Transisi Nasional sebagai perwakilan yang sah bagi masyarakat Suriah dan memutuskan hubungannya dengan rezim Presiden Bashar al Assad,” ujar ketua Ikhwanul Muslimin Suriah Riyad al Shaqfa, seperti dikutip Nahar, Jumat (14/10/2011).

Oposisi Suriah juga menegaskan, dirinya menolak segala macam intervensi yang ditujukan untuk mencampuri urusan domestik Suriah. Meski demikian, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan, peristiwa di Suriah jauh dari masalah domestik.

Dewan Transisi Nasional Suriah dibentuk oleh para oposisi Presiden Assad, mereka meminta Presiden Assad agar turun dan melakukan reformasi politik.

Sebelumnya, Turki juga sempat memberikan tawarkan kepada Presiden Assad, agar dirinya memasukkan seorang Ikhwan ke dalam pemerintahannya, dengan hal ini, Turki akan membantu Suriah dalam menghadapi masalah internalnya.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pun berjanji akan menggunakan pengaruhnya untuk mengakhiri pemberontakan di Suriah. Davutoglu juga mendesak Presiden Assad agar tidak melarang eksistensi para Ikhwan yang ada di Suriah.

Aktivis HAM mengatakan, ribuan warga Suriah ditahan di penjara dalam beberapa dekade atas tuduhan keterlibatannya dengan Ikhwanul Muslimin. Pelarangan Ikhwanul Muslimin di Suriah didasarkan, karena Suriah menganut paham sekuler.

Seperti halnya di Mesir, Ikhwanul Muslimin sempat menjadi organisasi terlarang saat negara tersebut dipimpin oleh rezim militer. Namun, saat ini Ikhwanul Muslimin di Mesir justru mendapatkan massanya dan partai Ikhwan di Mesir diprediksikan akan memenangkan pemilihan umum.(rhs)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Presiden Mursi. (aljazeera.net)

Vonis Mati Presiden Mursi Dianulir