Home / Berita / Internasional / Asia / Hidayat Nur Wahid: TKI Dipancung Menusuk Rasa Kemanusiaan

Hidayat Nur Wahid: TKI Dipancung Menusuk Rasa Kemanusiaan

Hidayat Nur Wahid (tabloidkampus.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyesalkan keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang memancung TKI asal Bekasi, Jawa Barat, Ruyati, di Mekkah, Sabtu (18/6) kemarin. Menurut Hidayat, pemancungan itu sangat menusuk rasa kemanusiaan.

“Kejadian itu sangat menusuk rasa kemanusiaan. Pemerintah harus bisa memastikan untuk bisa melindungi TKI yang disebut pemerintah sebagai pahlawan devisa,” kata Anggota Komisi I DPR RI, Hidayat Nur Wahid, di Jakarta, Senin (20/6).

Hidayat juga menyesalkan perwakilan pemerintah di Arab Saudi yang tidak mengetahui akan ada eksekusi pancung terhadap Ruyati, pada hari itu. “Sangat aneh Konjen ikuti proses hukumnya, tapi tidak tahu ada rencana eksekusi. Memang pihak Saudi harus memberi tahu, tapi harusnya Konjen juga mengikuti dan mencari informasi juga,” ungkap Mantan Ketua MPR tersebut.

Politisi PKS itu mengungkapkan lagi, harusnya Presiden SBY meminta langsung kepada Raja Arab Saudi, pertimbangan dibatalkannya eksekusi tersebut. “Kalau presiden meminta langsung, saya rasa itu masih bisa dipertimbangkan oleh Raja Arab Saudi,” kata Hidayat.

Ia mengatakan, ini merupakan pelajaran bagi presiden untuk memastikan jajarannya seperti Kementerian Luar Negeri, BNP2TKI untuk benar-benar bise melindungi tenaga kerja, tidak hanya di Arab Saudi saja. Melainkan di tempat-tempat lainya.

“Mereka yang disebut pahlawan devisa oleh pemerintah harusnya bisa mendapat perlindungan maksimal,” katanya.

Menurut dia Memorandum of Understanding antara Indonesia dan Arab Saudi, harus dikritisi. Indonesia juga meminta lebih selektif dalam proses perekrutan TKI. (boy/jpnn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (26 votes, average: 9,46 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Mengenal Hakikat Manusia