01:34 - Selasa, 28 April 2015

Ini Dia Para Pesohor yang Memutuskan Menjadi Mualaf

Rubrik: Amerika, Eropa | Kontributor: dakwatuna.com - 28/10/10 | 10:00 | 20 Dhul-Qadah 1431 H

Para tokoh yang menjadi mualaf (kodoom.com)

dakwatuna.com – London. Tiga puluh tahun lalu, publik Barat hanya mencatat beberapa nama yang memutuskan menjadi Muslim. Di antara sedikit nama itu, ada juara tinju dunia, Muhammad Ali, atau legenda basket, Karim Abduljabbar.

Beberapa tahun kemudian, beberapa nama disebut-sebut menjadi mualaf, antara lain Michael Jackson, Ice Cube, dan Snoop Dogg.

Semua berkulit hitam? Tidak juga. Saat ini, banyak kulit putih yang juga menjadi mualaf. Sebut Cat Steven, yang memutuskan menjadi Muslim pada tahun 1977 dan mengubah namanya menjadi Yusuf Islam.

Lama vakum dari dunia hiburan, tahun 2006 ia menelurkan album berjudul An Other Cup dan tahun 2009, Roadsinger, yang disebut-sebut “sangat Cat Steven” dan ditujukan untuk mengobati kerinduan penggemarnya.

Kini, Cat Steven bukan lagi satu-satunya pria kulit putih abad ini yang menjadi Muslim. The Sunday Times melaporkan saat ini ada sekitar 14 ribu warga Inggris kulit putih yang menjadi Muslim. Di antara mereka, tercatat sejumlah pesohor negeri itu, antara lain Yahya (semula Jonathan) Birt, anak Lord Birt, mantan petinggi BBC, dan Emma Clark, cicit mantan perdana menteri Inggris Herbert Asquith, yang membawa Inggris dalam Perang Dunia I.

Beberapa memutuskan menjadi mualaf karena terinspirasi Charles Le Gai Eaton, mantan diplomat. Eaton, penulis buku Islam and the Destiny of Man, menyatakan banyak di antara warga kulit putih merindukan agama ‘yang tidak berkompromi terlalu banyak dengan materialisme dan carut-marut kehidupan modern’.

Namun tak sedikit mereka yang menjadi Muslim melalui pintu “tali cinta”. Rumors yang beredar dan menjadi rahasia umum, menyebut Putri Diana sebelum tewas mengenaskan karena kecelakaan juga dikabarkan telah setuju untuk menjadi Muslim, setelah berhubungan dekat dengan anak miliarder Inggris, Mohamed Al-Fayed, bekas pemilik Harrods dan pemilik Fulham Football Club serta Hôtel Ritz Paris.

Selain itu, beberapa pengusaha terkemuka juga menjadi mualaf. Di antaranya adalah The Earl of Yarborough, yang memiliki estate seluas 28 acre (setara 11331,22 hektare) di Lincolnshire. Ia memiliki nama Muslim Abdul Mateen.

Selain itu, ada juga Charles Annenberg Weingarten, direktur Annenberg Foundation di Amerika. ia merupakan putra miliarder Yahudi Walter H Annenberg. Charles Annenberg belakangan membuat kisah dokumenter perjalanan spiritualnya ke Timur Tengah dengan temannya yang adalah seorang Muslim, dan terinspirasi setelahnya. Ia menuliskan, “Beberapa mualaf di Barat adalah para bekas hippies dan aktivis antiperang serta antikapitalisme pada era 1960-1970-an.Di suburban Philadelphia, Bawa Muhaiyaddeen Fellowship menjadi satu Sufi Islamic Center dengan banyak menarik minat para aktivis dan Yahudi untuk bertukar keyakinan menjadi Muslim. Pesan yang disampaikan adalah tentang kedamaian hati, kesabaran, percaya dan memasrahkan semuanya kepada kemauan Yang Maha Segalanya.” Tak dijelaskan apakah dia kemudian menjadi Muslim setelah bergabung dengan organisasi itu, atau bahkan sebelumnya.

Islam juga menyebar di antara warga AS keturunan Amerika Latin. Professor Hjamil Marta­nez-Vazquez dari Texas Christian University mengklaim ada lebih dari 100 ribu di antara mereka yang memutuskan menjadi Muslim. Kini, banyak organisasi Muslim di antara mereka, di antaranya Los Angeles Latino Muslim Association. Umumnya mereka menganggap Islam penuh pesan kesetaraan, hal yang berlawanan dengan latar belakang mereka yang penuh penindasan.

Banyak di antara wanita Latin yang menikahi pria Muslim dengan alasan ini: beda dengan pria Latin yang umumnya mendominasi, pria Muslim lebih sederhana, berorientasi pada keluarga (family oriented), dan melindungi. Mereka juga anti-hura-hura, menjauhi minuman keras dan narkoba, tidak berselingkuh, dan jauh dari tindak kriminal.

Sekarang, dunia berharap pada kiprah para intelektual dan pesohor mualaf ini untuk membantu mengubah gambaran negatif tentang Muslim, terutama di media Barat. Di sisi lain, membantu mengurai radikalisme di kalangan anak-anak muda Muslim yang tak dipungkiri, tumbuh di banyak negara. (Siwi Tri Puji B/kodoom.com/RoL)

Redaktur: Ardne

Keyword: , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (277 orang menilai, rata-rata: 9,44 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Rahmat

    Sepertinya tulisan diatas adalah bersumber dari sumber lain. Saya menemukan ada kalimat yang cukup janggal. Saya yakin ini bukan kesengajaan. Mungkin karena hasil mencopy dari sumber lain.

    “Selain konsisten mempaktikkan tuntunan Islam, Backer juga menjadi gambaran wanita Muslim modern. Sehari-hari, ia tampil tanpa kerudung. Ia hanya mengenakan jilbab saat melaksanakan ibadah haji tahun 2006.”

    Apakah gambaran wanita Muslim modern itu tanpa kerudung?

    • sugeng suryadi

      Ini bukan modern,tapi muallaf yg masih perlu dibina dan ditarbiyah sehingga bisa masuk Islam secara kaaffah.

      • Akungtama

        yah tegur tu ratu yordan ga pake jilbab.malu2in.tapi yg menuju ke islam kaffa ya hrs ditolerir lah.

  • khadijah

    Ya,saya setuju dengan koreksi saudara Rahmat.
    Islam adalah agama dr Rabb pencipta segalanya di alam ini, maka sudah sewajarnya jika fitrah jiwa-jiwa itu menemukan Rabb nya dengan segala peraturannya yang dimaksudkan untuk kebaikan manusia itu sendiri.
    Allahu Akbar!

  • dwi sarwitri

    Semoderen apapun…namanya hukum islam sudah jelas,bagaimana aturan dalam islam mengenai cara berpakainnya muslimah…kalau sampai rambut aja sebagai aurat tidak di tutupi…waah…maksudnya…apa?…proses untuk menuju kebaikkan tidak boleh lama2 kan.

  • joko

    Betul Jilbab adalah kewajiban Muslimah sejati tidak dipandang dari sudut modern atau konvensional..

  • kahar mustafa

    tanda-tanda jaman bahwa islam akan kembali memimpin dunia.

  • assa

    Kritik khusus untuk Kristiane Backer, dia tidak memakai kerudung bukan berarti dia adalah gambaran Muslimah Modern..

  • Fikir

    Mereka menjadi mualaf murni karena pencarian dan aqal budi mereka yang menuntun hingga menemukan islam

    Mereka menjadi mualaf bukan karena faktor bujuk rayu, imbalan materi, iming-iming pekerjaan.

  • chalid dochmi

    Semoga Allah bukakan pintu hati Kristiane Backer utk jadi muslimah yang taat dan berislam secara kaffah. Amin! Kisah diatas sungguh menghibur hati kami ditengah kondisi umat Islam yang fakir dan malah mejauh dari tuntunan Islam, bahkan ada yang sampai menjual aqidahnya.

  • amira

    Saya tadinya ingin share artikel ini utk teman2 yg lain, tp karena ada kalimat “muslim modern tanpa kerudung” saya takut, teman2 yg kadang msh tergoda tidak berkerudung jadi malah membuka kerudungnya. Sayang, padahal artikel ini cukup membanggakan dan membahagiakan hati saya sebagai seorang muslim. Salam

    • http://www.facebook.com/adamsrandy Randy Adams

      SEPAKAT!

  • Korek02

    Modrn ato kovensional seorang individu tdak d ukur dri berjilbabnya,karna menutup aurat adalah aturan wajib bagi bg seorang muslim,sesuai ketentuan yg sdah dgariskan..muslim modren lebih didedikasikasi akan pola pikir individu tersebut sesuai dg syariat2 islam dan pengaplikasiannya ddalam kehdupan modrn saat ini.

  • nur fajri wicaksono

    itulah mungkin yg d sebut dlm AL-QUR’AN.. salah satu tanda2 Qiamat yaitu Matahari terbit d sebelah timur yg mungkin artinya ISLAM tumbuh pesat d daerah barat… justru semakin tenggelam d daerah timur

    • http://rahmawati-rakib.blogspot.com/ Rahmawati A. Rakib

      Mybe…. Pada saatnya nanti apa yang dikatakan oleh Al-QUr’AN
      semuanya benarr,,,
      Kebenarannya meliputi semua masa dan semua zaman
      sampai hari Qiamat….
      Hanya yang hatinya tertutup saja yang tidak mampu melihat kebenarannnya.

  • nur fajri wicaksono

    ralat… maksudnya Matahari terbit d sebelah Barat

  • yani

    menurut saya artikel ini secara kontekstual memuat pesan bahwa Islam adalah hidayah Allah dan Dia berkehendak kepada siapa hidayah itu sampai bahkan kpd pesohor sekalipun, sebagaimana komen dari pak sugeng tidak tepat membicarakan kewajiban berjilbab berdasar pd artikel ini karena mejadi muslim seutuhnya butuh proses dan pemahaman itu juga butuh waktu..jadi mohon teman2 melihat kontekstual dulu sebelum berargumen..saya mendoakan semoga mereka yang mendapat hidayah segera mjd muslim-ah seutuhnya

  • hasbi

    menurut saya, tim dakwatuna butuh editor tambahan. terutama terkait kalimat yang berbunyi “muslim modern”

    • http://www.facebook.com/adamsrandy Randy Adams

      SEPAKAT! ralat frase “muslim modern”, pengertian salah banggett. malah merusak makna Muslim.

      • enggar

        jaman boleh berubah , tp al-qur’anulkarim tidak

  • http://penyuluhkebenaran.blogspot.com Wangky

    Alhamdulillah banyak gembala yang masuk Islam, saatnya mengajak dombanya ke jalan Islam

  • http://www.facebook.com/people/Arief-Rahman-Hadi/1417491736 Arief Rahman Hadi

    Bagaimanapun dia Muallaf yg perlu banyak mendapat bimbingan.Semoga dengan keseriusannya mendalami Islam,Kristiane Becker akan menyadari bahwa Kerudung/Jilbab merupakan syariat yg tdk bisa ditawar. Tugas badan dakwah atau organisasi Islam dan umat Islam setempat untuk memberi bimbingan . Yg memprihatinkan adalah banyaknya muslimah dinegeri kita yg dengan berbagai alasan masih enggan memakai Jilbab atau kerudung…

  • ahmed fallas

    allahu akbar,,, teruskan dakwah islam menuju dunia islam yang baru,,, allahu akbar

  • http://www.facebook.com/gebecaem Gebe Caem

    Ngak salah tuh milih lelaki muslim tidak suka brrselingkuh?? LoL jauh dr tindak kriminal??? Malah lelaki islam byk memperkosa pembantu, malah mensodomi, lelaki islam malah egois mengharuskan istrinya perawan sedangkan lelaki islam sudah tdk perjaka s3belum menikah? Berita hoax….liat kenyataan. Jgn buta

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      ighstifar ente…..!!!sembarangan!

      • Guest

        Gebe Caem,,,lelaki yg demikian itu belum bisa disebut muslim pastilah mereka blm sepenuhnya belajar Al-Qur’an,,pastilah mereka blm mendirikan sholat, pastilah mereka belum dekat dengan Alloh SWT, karena dlm Islam : haram memperkosa dalam Islam haram mensodomi, tdk ada keharusan mencari istri perawan, haram memperkosa,,,Islam tidak mengakui penganut yg masih berbuat demikian,,,adapun laki2 Islam itu egois karena semata2 ingin menjaga kehormatan istri dan keluarganya,,,tolong renungkan dengan yg anda tulis,,,sekali lagi kamipun laki2 muslim diharamkan memandang wanita2 yg bukan muhrim atau tidak ada hubungan darah,,,

    • ipank

      assalamuallaikum ibu yg yg terhormat
      maaf klo ngmng jaga
      klo ibu g suka ma islam and muslim santai j g usah pke emosi gto emang di agama ibu diajarin cara menghujat orang laen ea

      • bilah05

        Assalamuallaikum Atas Terhomat Ibu,Ayah ibu Guru Atau Bapak Guru,kepala Sekolah yang Terhormati

    • Wahyuni Wibowo

      bu, jangan menilai islam dr partial pemeluknya yg hanya punya identitas “islam” di ktp nya… mknya, kl mau ngomong pake ilmu dong, jangan asal njeplak

    • bilah05

      Alloh Itu Gak Buta Kecuali Melihat Lawannya Buta

    • Chaput Galneryus

      dan wanita non Islam lebih bnyak yg sudah tidak perawan…hahahahah

    • hanifaqim

      santai mbak, inget umur…udah banyak kan penjelasan ama org2 dibawah, gak usah ngejelasain lagi…

    • ABC

      Orang yang Suka berselingkuh, kriminal, pemerkosa, dll bukanlah seorang muslim. Karena Seorang muslim adalah yang mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW (PBUH) dan Al-Quran. So if you don’t understand about Islam better shut up your fuckin mouth bitch!

    • tati

      hati hati kalau bicara…..jangan membawa agama ke ranah kebencian hati…

    • Andy Wimansyah

      mohon dicatat yg muslim mba, bukan islam KTP…..kalau dibilang muslim pasti beriman…Rabbnya Allah, bukan hawa nafsu

    • Hendri

      Gebe rupanya pernah disodomi dan menikah dengan lelaki yang sudah tidak perjaka he..he… (gimana ngetesnya tuh nyet…?)

    • sepat

      belajarlah,,,belajarlah
      bukankah kita diciptakan dengan kesetaraan dan kesamaan dalam hal peluang
      maka atas semua dan seberapa dalam pikiran “dilihat dari seberapa jauh ilmunya ( bukan cuma title/kekayaannya )….
      pribadi cerdas : bicara dengan ilmu
      pribadi bodoh : berbicara tanpa ilmu ( alias lihat langsung diungkapkan, bukankah harusnya diteliti terlebih dahulu)…….

    • http://grevada.com/ Anindya Yumika Dewi

      Yang kawin kontrak di Cisarua tuh muslim semua.. :v
      Teroris juga kebanyakan muslim.. Mukul istri udah jadi kebiasaan..

      Yah, muslim emang susah menerima kenyataan, mereka dipenuhi oleh delusi dan cerita2 palsu..

      • Putra Haryadi

        hahahahahahah lw kali ah yg dipenuhi cerita2 palsu dan delusi palsu makanya betahnya nongkrong di situs ini… kalau lw nggak dipenuhi delusi dan cerita2 palsu, buat apa lw nongkrong di situs ini? hahahahahaha… nongkrong sana di situs2 agama lw sendiri… hahahahahahaha

        suka nongkrong di situs ini tapi benci sama muslim dan situsnya pertanda lw itu munafik banget hahahahahahaha… cocok mmg sbg karakter kekafiran lw…

      • Putra Haryadi

        hahahahahahah lw kali ah yg dipenuhi cerita2 palsu dan delusi palsu makanya betahnya nongkrong di situs ini… kalau lw nggak dipenuhi delusi dan cerita2 palsu, buat apa lw nongkrong di situs ini? hahahahahaha… nongkrong sana di situs2 agama lw sendiri… hahahahahahaha

        suka nongkrong di situs ini tapi benci sama muslim dan situsnya pertanda lw itu munafik banget hahahahahahaha… cocok mmg sbg karakter kekafiran lw…

    • Putra Haryadi

      yang rajin nyodomi bocah2 jemaat gereja siapa bos? yg ngancurin hiroshima dan nagasaki siapa bos? yg jajah asia afrika dng 3 Gnya siapa bos? yg ngemplang dana BLBI 600 T siapa bos? hahahahahahahaha sok suci lw padahal dosa2 umat lw juga banyak… buku the economic hitman isinya ttg apa ya? hahahahahahaha juga buku Inside The Company CIA Diary karangan Philip Agee? isinya ttg apa ya? hahahahahahahaha

    • lenny

      Wahh..kalau berselingkuh, memperkosa, mensodomi atau mengharuskan seseorang tetap perawan atau tdk itu tdk bisa dilihat dari keimanan/keyakinan/agamanya donk..itu terpulang pd diri pribadi dari orang tersebut…Agama Islam tdk membenarkan seseorang melakukan perbuatan jahat tsb…dlm ajaran Islam masalah virginitas memang sangat diatur krn ini menyangkut adanya istilah Zinah…dan segala perbuatan Zinah ini baik yg dilakukan oleh laki2 dan perempuan akan dipertanggung jawabkan kpd Allah Swt nantinya…soal mengharuskan istrinya msh virgin atau tdk sementara suaminya dikatakan tdk itu sdh masuk dlm ranah pribadi…banyak jg pria Muslim yg bs menerima wanita yg sdh tdk virgin lg dng alasan tertentu untuk dijadikan sbg istrinya

  • mamase

    bawah gue panas hatinya… vvvv :D

    • hanifaqim

      bener2, gerah amat tuh mbak Gebe Caem

      • mamase

        biasa mas brow.. kebencian kesumat tapi tanpa dasar akal sehat yang kuat…

  • Hendri

    Gebe Caem ini kayaknya monyet yang kebetulan menyerupai manusia ….

  • http://rahmawati-rakib.blogspot.com/ Rahmawati A. Rakib

    Intinya,,, jangan sampai kita mengaku Islam padahal perilaku dan tabiat kita sehari2
    sama sx tidak ber-ISLAM dan justru bertentangan dengan Ajaran-nya.
    Akibatnya agamanya yang dipersalahkan,,,
    yang salah itu orangnya, tetapi imbasnya malah agamanya yang menjadi buruk dalam pandangan mereka yang tidak memahami…

    Islam selalu mengajarkan kebaikan dan aturan dengan segala pedoman dan
    petunjuk dalam kehidupan ini telah tercantum jelas di dalam AL-Qur’AN dan AL-Hadist
    bagaimana kita menjadi manusia yang baik, termasuk cara berpakaian, berperilaku dan dalam segala aspek..

    JIka Fakta yang ada di Dunia menunjukan perilaku Umat Islam yang masih banyak
    bertntangan dan tidak sesuai dengan Ajarannya..
    Jawabannya adalah kembali kepada diri masing-masing…

    Hukumannya jelas, (masuk Neraka) tidak mengenal Para Pesohor atau bahkan presiden sekalipun…

    Kita semua hanya manusia yang membutuhkan Pertolongan ILAHI dalam hidup ini
    Setinggi dan sehebat apapun Jabatan, dan kekuasaaannya…
    belum tentu selamat Dunia Akhirat..

    So, belajarlah jangan suka mencela yang berperilaku tidak sesuai dengan ajaran Islam tetapi sebaliknya ber igshtifar, Ikhtiar dan TawakkaL karena
    kita pun belum tentu selamat dunia Akhirat …..^^ terimakasih untuk semua Informasinya
    dakwatuna.com

  • ayieabas

    islam agama utk seluruh umat manusia. Allah Taala berfirman, jangan mati melainkan dalam Islam.

  • yudi al jembery

    ya ALLAH jangan KAU ambil nyawaku kecuali dlm keadaan iman& ISLAM Amiiiin………….

  • Ihzan Babazha

    Menjadi muallaf adalah rahmat atau karunia Allah karena banyak yg tahu ttg islam tapi tdk mendapat hidayah, kita berdoa smg saudara kita yg belum islam segera mendapat hidayah sebelum ajalna tiba. Amiin.

Iklan negatif? Laporkan!
60 queries in 1,345 seconds.