08:24 - Selasa, 21 April 2015

Mamah Dedeh, tak Lelah untuk Terus Berdakwah

Rubrik: Profil | Kontributor: dakwatuna.com - 07/09/10 | 16:14 | 28 Ramadhan 1431 H

Mamah Dedeh (wordpress.com/rocktaroza)

dakwatuna.com – Da’iyah yang satu ini memang tak pernah berhenti berdakwah. Setelah beberapa menit merias diri, dia langsung menerima telepon curhat dari salah satu Muslimah.

Mamah Dedeh, sapaan akrabnya, ditanya apakah siksa kubur ada di Bulan Ramadhan. Mamah menjawab, “Siksanya libur dulu. Setelah Ramadhan baru dimulai lagi.” Belum lagi yang menghubungi telepon selulernya. Semuanya dijawab.

Mamah mengatakan, begitulah caranya berdakwah. Nenek lima orang cucu ini memang sejak muda gemar berceramah. Setelah itu, para pendengarnya kerap bertanya kepadanya.

Seringkali Mamah tidak memiliki waktu lebih banyak untuk menjawab. Dia akhirnya meninggalkan nomor HP. ”Biasa, saya memintanya mengirim SMS,” tutur Mamah, di rumahnya, Jl Kutilang III, RT 5/RW10 nomor 205, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/9).

Selama Ramadhan, Mamah berceramah di dua tempat sekitar Jabodetabek. Tahun sebelumnya dia bisa berceramah di empat tempat, bahkan lebih dari itu. ”Anak saya tak ingin saya terlalu diporsir berceramah. Saya juga butuh waktu untuk keluarga,” terangnya.

Meskipun jam manggung berkurang, ada saja orang datang atau pun menelponnya meminta nasihat. Pagi, siang, bahkan malam, ada saja yang menghubunginya. Pada tengah malam dia harus berangkat mengisi ceramah di sebuah media visual. Sesampainya di sana dia beristirahat 30 menit. Pukul 02.30 WIB dia mulai tampil berceramah hingga pukul 04.00 WIB.

Sekitar 30 menit kemudian, Mamah sampai di rumah untuk beristirahat. Setidaknya dua jam dia beristirahat. Setelah itu dia mengisi ceramah di tempat lain atau menggendong cucu kesayangannya, Abyu Ashad yang kini berusia 1,5 tahun.

Waktu ceramah yang berkurang digantinya dengan berbuka puasa bersama empat anak-anaknya setiap Sabtu dan Ahad. Setiap harinya, Mamah selalu berbuka puasa bersama anak keduanya, Nazmia. “Dia sering membalas SMS curhat dari siapa saja,” terang Mamah.

Ada saja yang curhat dengannya tentang masalah agama. Kalau bentuknya SMS, Mamah biasanya minta dibacakan. Setelah isi curhat dipahami Namah akan menjawab secara lisan. Nazmia yang menulisnya dalam bentuk SMS.

Kalau sudah dekat jam ceramah dirinya tidak mau menunggu jemputan. “Naik ojek pun jadi,” terangnya. yang penting, kata Mamah, dirinya tidak terlambat datang ke tempat ceramah. Dia kasihan bila jamaah menunggu terlalu lama.

Baginya sama saja berdakwah di Bulan Ramadhan atau pun tidak. “Memang itu bidang yang saya tekuni sejak masih muda,” ujarnya. Menurutnya, dakwah adalah kewajiban, yaitu menyebarkan Islam rahmatan lil ‘alamin kepada seluruh umat manusia. (Endro Yuwanto/Erdy Nasrul/RoL)

Redaktur: Ardne

Keyword: , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (13 orang menilai, rata-rata: 9,31 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Ulfah

    Redaksi, saya tertarik ingin mengikuti ceramah mamah dedeh, tetapi saya tidak tahu jadwalnya, bagaimana saya bisa dapat informasi jadwalnya? atau nomor kontak beliau. Trims (tolong balesan ke email pribadi saya)

  • nining

    saya sangat ingin berkonsultasi secara pribadi bersama mamah dedeh. tolong bantu saya untuk bisa mendapatkan informasi bagaimana cara mengontak beliau. terima kasih ( tolong balas ke email pribadi saya)

  • fitriah

    saya sangat ingin berkonsultasi secara pribadi dengan mamah dedeh…. tapi saya tidak tahu berapa nomer hpnya mamah dedeh…. dan saya tidak tahu bagaimana caranya mengirim pesan ke mamah dedeh melalui email….

  • http://pulse.yahoo.com/_B4CLCGBDBZ3YIFWEFZXQCIEZWI Puspita Panjrah s

    assalamu’alaykum redaksi..
    bolehkah saya meminta nomor hape mamah.. krn saya ingin menanyakan sesuatu pd beliau..
    tolong dikiri, ke email saya, trimksh banyak…..

  • http://pulse.yahoo.com/_B4CLCGBDBZ3YIFWEFZXQCIEZWI Puspita Panjrah s

    assalamu’alaykum redaksi..
    bolehkah saya meminta nomor hape mamah.. krn saya ingin menanyakan sesuatu pd beliau..
    tolong dikiri, ke email saya, trimksh banyak…..

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100003676434121 Krisna Pradhana

    Assalammualikum,
    Saya seorang nenek dari Surabaya. sekarang ini sangat perlu bantuan mamah. saya seorang mualaf. saya mengikuti suami, saya telah berumah tangga kurang lebih 30 tahun.
    Tapi suami yang saya ikuti tidak bisa jadi panutan yang baik selalu bikin saya sakit hati.
    Tapi, saya tetap bertahan demi anak-anak samapi detik ini suami saya bikin saya sakit hati lagi. kalau kemarin, mah. saya bingung mencari nafkah untuk menyekolahkan anak-anak. tapi sekarang tugas saya telah selesai. anak telah berumah tangga dan saya memiliki cucu 6. tinggal anak saya terakhir belum merit. tapi, alhamdullilah sudah bekerja. sekarang ini, mah saya berusia 54 tahun.
    suami saya berusia 61. tapi mah, suami saya sampai sekarang belum bertobat. sekarang ini, di usianya yang sudah tua bikin saya malu dan terasa seperti putus asa. saya sekarang ingin bertemu mamah Dedeh dan belajar Shalat.
    Kalau Mamah Dedeh sudi…….
    saya ingin belajar keagamaan dan menemui mamah Dedeh supaya mamah bisa mencari jalan keluar jangan sampai saya salah jalan. Harapan saya mamah Dedeh satu-satunya. saya mohon minta jawaban mamah secepatnya. karena sudah 3 hari saya tidak bisa makan dan tidak bisa tidur 
    terimakasih atas perhatianya, mohon maaf bila saya salah kata karena yang menulis ini menyuruh cucu saya yang masih SD. alamat lengkap saya Rumdis AAL (JLN SAMADAR No 24)
    No HP = 085645389060

  • http://www.facebook.com/dina.yanti1 Dina Misstillem

    assalamu’alaikum,saya ingin berkonsultasi dengan mamah dedeh,saya minta nomor hpx mamah,tlng banget karena ini sangat penting,kirim lewat email saya saja

  • http://www.facebook.com/dina.yanti1 Dina Misstillem

    saya ingn berkonsultasi dg ma2h de2h,saya mnt no hpx ma2h de2htlng krm lwt email saya

  • Joko

    Assalamualaikum,

    Bolehkah saya meminta no Hp dan alamat email Beliau, saya ingin konsultasi secara pribadi dgn Beliau. Tolong balas ke email pribadi saya. Terima kasih atas bantuannya.

  • nety nopriza

    Assalamualaikum, saya ingin berkonsultasi dengan mamah dedeh. boleh minta alamat email pribadi mamah dedeh. terima kasih dan tolong balas ke email pribadi saya.

  • ike

    assalamualaikum,saya ingin konsultasi dgn mamah dedeh.boleh minta alamat email pribadi mamah.terima kasih tolong dibalas ke email saya.terimakasih..

  • Herna

    Assalam’ualaikum, Bolehkah saya meminta no Hp dan alamat email Beliau.tolong dibalas ke email saya.terimakasih.

Iklan negatif? Laporkan!
82 queries in 1,347 seconds.