Home / Berita / Internasional / Asia / Tiga Juta Jamaah Mencari Lailatul Qadar di Masjidil Haram

Tiga Juta Jamaah Mencari Lailatul Qadar di Masjidil Haram

Masjidil Haram (Arab News/RoL)

dakwatuna.com – Mekah. Lebih dari tiga juta jamaah memadati Masjidil Haram, Makkah, Ahad (5/9) waktu setempat. Mereka ingin mencari malam lailatul qadr, bertepatan dengan malam 27 Ramadhan.

Karena begitu banyaknya yang beribadah di Masjidil Haram, jamaah sampai meluap ke halaman luar masjid yang paling disucikan umat Islam tersebut. Jamaah datang untuk melakukan umrah, sholat taraweh, dan sholat malam untuk mencari malam seribu bulan itu.

Kerajaan Arab Saudi telah mempersiapkan diri untuk menyambut jutaan jamaah yang datang dari seantero dunia itu. Sekitar 4.500 polisi dikerahkan untuk menjaga ketertiban di kota Makkah. Otoritas setempat juga telah mengerahkan sekitar 10 ribu pekerja untuk menjaga kebersihan Masjidil Haram dan sekitarnya.

Untuk memberikan kenyamanan, Kerajaan Arab Saudi juga telah menyebar sebanyak 20 ribu tempat air minum berpendingin di berbagai sudut Masjidil Haram. Meskipun lalu lintas begitu padanya di sekitar Masjidil Haram, dilaporkan tak ada kecelakaan yang berarti yang terjadi malam itu. Polisi setempat juga dikerahkan untuk menangkap para pencopet dan penjahat lainnya.

Dilaporkan pula, semua kamar hotel dan apartemen di Makkah penuh terisi. Penjualan sajadah pun ikut meningkat karena jamaah menggunakannya untuk sholat di halaman luar Masjidil Haram. Pihak transportasi publik Saudi juga mengerahkan banyak armada busnya untuk mengangkut jamaah dari halaman parkir Masjidil Haram ke berbagai lokasi di sekitar Makkah.

Meski tak sebanyak di Masjidil Haram, di Masjid Nabawi, Madinah, Jamaah yang beribadah mengharapkan malam Lailatul Qadr juga membludak. Diperkirakan sebanyak 10 ribu jamaah melakukan i’tikaf di Masjid Nabawi. (Budi Raharjo/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kelu Lidah di Lelantai Haramain