Home / Berita / Pelayat Ibunda Mensos Terus Memadati Kompleks Alkhairaat

Pelayat Ibunda Mensos Terus Memadati Kompleks Alkhairaat

dakwatuna.com – Palu. Ratusan pelayat Selasa malam yang menanti kedatangan jenazah almarhumah Syarifa Lulu binti Idrus Aljufrie, ibunda tercinta Menteri Sosial RI Salim Saggaf Aljufrie, terus memadati kediaman almarhumah di Kompleks Perguruan Islam Alkhairaat, Jalan Sis Aljufrie Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa.

Tampak ikut melayat sejumlah pejabat di Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu dan pejabat di lingkungan Perguruan Islam Alkhairaat. Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat Habib Ali Muhammad Aljufrie (ponakan almarhumah) tidak tampak melayat karena sedang berada di Malaysia.

Selain pelayat yang sebagian besar dari keluarga besar Alkhairaat itu, juga terdapat karangan bunga yang berisi ucapan duka terus berdatangan dari berbagai pihak menghiasi kediaman almarhumah.

Di antara karangan bunga yang sudah terpasang adalah Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Dirjen Bantuan Jaminan Sosial Depsos, Dirjen Pelayanan Rehabilitasi Sosial Depsos, Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulteng, Dirut PT. Lion Air, Gubernur Sulteng, dan puluhan karangan bunga dari berbagai instansi dan organisasi di Sulteng.

Menurut keterangan keluarga, almarhumah meninggal di Jakarta Selasa pukul 10.30 Wib di Rumah Sakit Medistra. Jenazah almarhumah diterbangkan dari Jakarta Selasa malam menggunakan pesawat reguler Lion Air bersama rombongan Mensos.

Almarhumah adalah anak tertua dari Habib Idrus bin Salim Aljufrie, pendiri Perguruan Alkhairaat, salah satu lembaga pendidikan dan dakwah Islam terbesar di kawasan timur Indonesia.

Khaidar Aljufrie, anak mantu almarhumah mengatakan, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, almarhumah sempat dirawat di RS Medistra Jakarta selama dua hari. Sebelum dirawat di rumah sakit itu, almarhumah sempat dibawah berobat ke Malaysia. Namun hanya beberapa hari di negeri Jiran itu kemudian dirawat di Jakarta.

“Almarhumah ini kan sudah tua. Usianya kira-kira 86 tahun. Jadi sakitnya ya sakit orang tua,” kata Khaidar.

Menurut rencana almarhumah akan dikebumikan di pekuburan keluarga Aljufrie kompleks pusat perguruan Islam Alkhairaat di Palu. Pekuburan yang terletak di kompleks kediaman almarhumah tersebut tersebut juga terdapat kubur ayah Mensos yakni Saggaf bin Syekh Aljufrie, Habib Idrus bin Salim Aljufrie (ulama pendiri Alkhairaat), Habib Abdillah Al-Jufrie (mantan Ketua Umum Pengurus Besar Alkhairaat juga cucu pendiri Alkhairaat), dan beberapa kuburan lainnya dari keluarga Aljufrie. (ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Surat edaran PBNU.

Seluruh Pengurus NU Diminta Shalat Gaib dan Tahlil Untuk KH Ali Musthofa Ya’qub