Home / Berita / 230 Bayi di Dunia Meninggal Saat Dilahirkan

230 Bayi di Dunia Meninggal Saat Dilahirkan

bayidakwatuna.com – JOHANNESBURG, Lebih dari dua juta ibu dan bayi meninggal dunia pertahun saat proses persalinan. “Jika dihitung secara rata-rata, maka jumlah bayi yang meninggal saat dilahirkan berjumlah 230 bayi perjam,” ujar Joy Lawn, koordinator kampanye Save the Children untuk bayi baru lahir, memaparkan hasil penelitian terbaru mereka.

Penyebab kematian itu beragam. Mulai dari komplikasi saat persalinan, gizi buruk, hingga terinfeksi malaria dan HIV/AIDS. Sebagai gambaran, sebanyak 820 ribu bayi meninggal akibat malaria dan 208 ribu karena HIV/AIDS. Jumlah kematian bayi terbanyak terdapat di Afrika dan Asia Selatan. “Tiga perempat jumlah itu ada di kedua wilayah ini,” tambah Lawn yang berbicara dalam Kongres International Federation of Gynecology and Obstetrics (IFGO) di Cape Town, Afrika Selatan, Rabu.

Penelitian terbaru  itu melibatkan tiga lembaga, Save the Children, Gates Foundation, dan Johns Hopkins University. Selama lebih dari setahun mereka melakukan survei di puluhan negara di berbagai benua. Hasil penelitian ini telah dipublikasi di Jurnal IFGO.

Menurut Lawn, “Perlu langkah bersama dan terpadu untuk mencegah hal itu,” ujarnya. Caranya adalah dengan meningkatkan perawatan kesehatan dasar, training bagi petugas kesehatan, dan penyebaran informasi mengenai teknik-teknik penyelamatan.

Pasalnya, kata dia, tingginya angka kematian itu umumnya dijumpai di wilayah-wilayah terpencil dan akses kesehatannya tidak memadai. Pertahun, sebanyak 60 juta dari 136 juta kelahiran tidak dilakukan di tempat yang memiliki fasilitas kesehatan memadai. “Bahkan di Afrika, hanya satu dari lima kelahiran yang ditangani oleh petugas kesehatan seperti bidan,” tambah Lawn. ap/tri/rep

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (seehati.com)

Pernah Bernadzar Akan Berhenti Bekerja Setelah Melahirkan, Ternyata Gaji Suami Tidak Cukup, Bagaimana?