Topic
Home / Berita / Heryawan Canangkan Jabar Provinsi Zakat 2011

Heryawan Canangkan Jabar Provinsi Zakat 2011

dakwatuna.com – Bandung. Bertempat di aula barat gedung Sate Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan pencanangan Jawa Barat Sebagai Provinsi Zakat 2011, Rabu 2/09/2009. Acara ini dihadiri Badan Amil Zakat (BAZ) Provinsi Jawa Barat, Majelis Ulama, Lembaga Amil Zakat (LAZ), BAZ Kota dan Kabupaten seluruh Jawa Barat, dan Ormas Islam.

Gubernur menyambut baik dengan ditetapkannya Nomer Wajib Pembayar Zakat (NWPZ). Potensi zakat di Jabar dan Indonesia belum optimal, yang rajin membayar zakat maal baru 4% dan Zakat Fitrah mencapai sekitar 60%. Penyadaran zakat perlu mendapatkan perhatian, karena SK zakat langsung dari kitab suci, imbuhnya.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan zakat adalah metode ilahiyah sebagai ucapan terimakasih kepada sang Maha Pencipta sekaligus untuk mensucikan harta yang diterimanya. Pengelolaan zakat yang bisa memberdayakan perekonomian masyarakat diharapkan bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan amal shaleh.

Dalam sambutannya Ketua BAZ Provinsi Jawa Barat H Muhammad Suryani Ihsan menyatakan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah di seluruh Jawa Barat pada tahun 2006 sebesar 47 milyar, tahun 2008 sebesar 150 M. Menurut data potensi ziswaf di jawa Barat pada tahun 2008 bisa mencapai 207 milyar.

Lebih lanjut Suryani menyatakan usaha mewujudkan Jawa Barat sebagai provinsi zakat dengan cara terus meningkatan konsolidasi dengan BAZ Daerah meliputi BAZ kota dan kabupaten. Kabupaten Sukabumi berhasil mendapatkan award tingkat nasional dari BAZ Nasional karena prestasinya mengumpulkan zakat. Kabupaten Cianjur juga dinobatkan sebagai Best Islamic CSR versi BAZ Nasional. (ah)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 9.11 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Zakat Sebagai Solusi Masa Depan BPJS Kesehatan

Figure
Organization