Home / Berita / Dana Zakat Dunia Solusi Ekonomi Umat

Dana Zakat Dunia Solusi Ekonomi Umat

zakatdakwatuna.com – London, Zakat diyakini memiliki peran penting dalam perkembangan sosial dan ekonomi jika digunakan secara benar. Alquran telah menerangkan pentingnya berzakat dalam 82 ayat, sayangnya jutaan umat Muslim di dunia masih belum memahami pentingnya menunaikan ibadah zakat.

Angka kemiskinan yang terus meningkat di dunia Islam diyakini terjadi akibat banyaknya umat Muslim tak berzakat. Guna mengumpulkan dan menyalurkan zakat ke seluruh penduduk miskin di dunia, BMB Group sebuah perusahaan berbasis syariah di London, Inggris–berupaya mendirikan World Zakat Fund (WZF) atau Dana Zakat Dunia.

WZF bertekad untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat dengan menerapkan manajemen dan teknik modern. Chief Executive Officer (CEO) BMB Islamic, Humayon Dar, mengatakan, pendirian WZF merupakan inisiatif dari pemerintahan Malaysia. ”Ini merupakan resolusi dari Pemerintah Malaysia untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dengan menggunakan zakat,” ungkap Dar kepada  Arab News.

Menurut Dar, dana yang akan dimasukkan ke dalam Dana Zakat Dunia (WZF) berada di bawah Organisasi Konferensi Islam (OKI). ”Kami diberi mandat oleh Pemerintah Malaysia untuk membangun Dana Zakat Dunia, mengumpulkan dana zakat dan mengaturnya,” ujar Dar menambahkan. WZF, tutur dia, akan berbasis di Bahrain.”Kami memilih Bahrain karena uang zakat itu sebenarnya bagian dari dunia. Kami berharap proyek ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengurangan kemiskinan di negara-negara anggota,” papar Dar menegaskan.

Zakat yang semula hanya dilaksanakan negara-negara Muslim secara nasional, lanjut Dar, kini akan dibawa menuju global. Pihaknya berharap, zakat akan memiliki peran penting dalam mengurangi kemiskinan umat Muslim di dunia.Pada tahap awal, papar Dar, WZF mendapat dukungan dari sejumlah pemerintah negara OKI. Menurutnya, jika meminta dana zakat dari negara di luar anggota OKI membutuhkan waktu yang sangat lama, yakni sekitar lima tahun, karena harus berhadapan dengan masalah birokratis.

”Kami kemungkinan akan mendapatkan dana zakat sebanyak 5 miliar dolar AS dari negara-negara Muslim,” tuturnya. Selain dari negara Muslim, kata Dar, zakat juga bisa diperoleh dari 400 miliarder Muslim di dunia yang merupakan sumber utama zakat. Pihaknya juga yakin bahwa zakat global akan memberikan dampak yang besar.

”Jika 200 juta dari 1,5-1,7 miliar umat Muslim di seluruh dunia membayar zakat sebanyak 10 dolar AS per tahun, maka kita akan mendapat tambahan dana sebanyak 2 miliar dolar,” imbuhnya. Dar mengungkapkan, sebanyak 35 persen dana zakat yang terkumpul akan digunakan untuk konsumsi yang mendesak, untuk kepentingan emergensi, dan untuk pertolongan. Sebagian dana zakat juga akan dikelola dan diurus oleh International Zakat Organization (IZO).

Sedangkan sisanya, sebanyak 65 persen akan dikelola BMB. Target dana zakat tahun pertama yang dikumpulkan sebanyak 750 juta dolar AS. Pihaknya berharap, dana zakat tersebut akan terus berkembang menjadi sebanyak 10 miliar dolar dalam kurun waktu 10 tahun.Dana zakat, lanjut Dar, seharusnya dikelola dengan cara yang berkelanjutan, sehingga akan terus bertambah. ”Sebanyak 20 persen akan diinvestasikan sebagai aset cair dan ekuitas global syariah. Sebagain besar pelajar syariah sangat senang dengan rencana ini,” ungkapnya.

Dar mengatakan, Dana Zakat Dunia juga akan mau menerima dana selain dari zakat. ”Kami akan sangat senang menerima dana bantuan dari Islamic Development Bank (IDB) atau lembaga keuangan lainnya,” tuturnya. Dana Zakat Dunia, terang Dar, akan digunakan untuk membantu orang-orang miskin di Afrika.Dana zakat itu akan dikelola ahli dalam bidang keuangan. Jika uang hanya diberikan kepada orang miskin begitu saja, maka uang akan menguap dengan cepat. Tetapi, jika digunakan dengan manajemen yang sistematis, maka uang itu akan membuat mustahik kaya dan suatu hari mereka bisa membayar zakat.  dya/taq/rep

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bogor Canangkan Jadi Kota Zakat di Tahun 2020