Home / Narasi Islam / Khutbah / Khutbah Jum'at / Khutbah Jum’at: Wahai Manusia, Ini Neraka!

Khutbah Jum’at: Wahai Manusia, Ini Neraka!

الحمد لله الذى جَعَلَنا مِنْ عِبادِهِ الْمُخْلِصِيْْنَ ووَفَّقَنا لِلْعَمَلِ بِما فيهِ صَلاحُ الاسْلامِ والمسلمين. أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الهادى الى الصراط لمستقيم أما بعد،، فياأيها المسلمون أوصيكم وإياي بتقوى الله عز وجل والتَّمَسُّكِ بهذا الدِّين تَمَسُّكًا قَوِيًّا. فقال الله تعالى في كتابه الكريم، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم “يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ “

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah….

dakwatuna.com Neraka adalah tempat yang disediakan Allah swt. bagi orang-orang kafir. Mereka adalah orang-orang yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari Rasulullah saw. Neraka merupakan wujud siksa Allah kepada musuh-musuh-Nya dan penjara bagi mereka yang berbuat dosa. Tempat ini adalah suatu kehinaan dan kerugian yang tiada taranya.

“Ya Rabb kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh Engkau hinakan dia; dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun.” (Ali Imran: 192)
“Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang kafir.” (Ali Imran: 131)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah….

Sosok yang berdiri tegak menjaga api neraka adalah malaikat. Perawakannya besar. Ekspresi wajah dan suaranya amat garang. Mereka adalah hamba-hamba Allah yang tidak pernah durhaka kepada Rabb yang menciptakan diri mereka. Mereka senantiasa patuh terhadap semua perintah Rabb mereka. Coba simak ayat Al-Qur’an ini.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar lagi keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6)

Jumlah malaikat penjaga neraka ada sembilan belas, seperti yang firman Allah swt.,

“Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, (neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia, di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). (Al-Muddatstsir: 26-30)

“Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat, dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu kecuali sebagai ujian bagi orang-orang kafir.” (Al-Jin: 31)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah….

Tahukah Anda seperti apa api neraka itu? Sanggupkah kulit dan daging Anda menahan panasnya yang membakar?

Rasulullah saw. bersabda, “Api kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api di neraka jahannam.” Para sahabat mengatakan, ”Yang ini pun sudah cukup berat panasnya.” Berkata Nabi, ”Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enam puluh sembilan kali lipat panasnya api dunia.”

“Api neraka jahannam telah dinyalakan seribu tahun hingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita.” (HR Tirmidzi).

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah….

Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kokoh dan tertutup rapat. Itulah pejara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat.

“Dan sesungguhnya jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (Al-Hijr: 43-44)

“Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, mereka itu adalah golongan kiri. Mereka berada dalam neraka yang (pintunya) ditutup rapat.” (Al-Balad: 19-20)

Orang-orang kafir dihalau ke neraka jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah para penjaganya kepada mereka, “Apakah belum pernah datang kepada kalian Rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Rabbmu dan memperingatkanmu akan pertemuan hari ini?” Mereka menjawab, “Benar telah datang.” Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang kafir. Dikatakan (kepada mereka), “Masukilah pintu-pintu neraka jahanam itu, sedang kamu kekal di dalamnya.” Maka neraka jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.” (Az-Zumar: 71-72)

Neraka itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu darinya adalah bagian yang sudah ditentukan.” (Al-Hijr: 44)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah….

Orang-orang yang abadi di dalam neraka adalah golongan kafir dan munafik. Ini firman Allah swt., “Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah: 39)

“Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami serta menyombongkan diri terhadapnya, mereka itulah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (Al-A’raf: 36)

“Tidakkah mereka, orang-orang munafik itu mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya neraka Jahannamlah baginya, mereka kekal di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar.” (At-Taubah: 63)

Kemudian dikatakan kepada orang-orang yang zhalim (musyrik) itu, ”Rasakanlah olehmu siksaan yang kekal, kamu tidak diberi balasan melainkan dengan apa yang telah kamu kerjakan.” (Yunus: 52)

“Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang sandal yang talinya terbuat dari api neraka, lalu mendidihlah otaknya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam periuk. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan.” (Bukhari-Muslim)

“Ada di antara mereka yang dimakan api sampai ke mata kaki, ada yang dimakan sampai pinggangnya dan ada pula yang dimakan sampai ke tenggorokannya.”

“Wahai manusia sekalian, menangislah! Jika tidak dapat menangis, maka paksakan dirimu untuk menangis! Karena sesungguhnya ahli neraka itu akan terus menangis hingga air matanya mengalir di pipi masing-masing, seperti air yang mengalir di sungai. Sampai air mata itu habis dan matanya pun pecah-pecah. Seandainya ada perahu yang diletakkan di situ, niscaya berlayarlah ia.” (HR Ibnu Majah)

Mudah-mudahan kita semua dibebaskan oleh Allah swt. dari adzab neraka. Amin, ya Mujibassailin.

بارك الله لى ولكم فى القرآن العظيم ونفعنى واياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم وتقبل الله منى ومنكم تلاوته انه هو السميع العليم

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (134 votes, average: 8,90 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • tarqiyah

    setelah membaca artikel ini. ana hanya ingin berpesan kepada seluruh pemuda didunia ini agar menggunakan masa mudanya dengan sebaik mungkin, mengisinya dengan amalan2 terbaik, berdakwah dijalan Allah, yang insya Allah akan mengantarkan qt kepada Jannah-NYA atas rahmat dari_NYA. selagi masa muda gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, karena salah satu gol. yang mendapat naungan dihari akhir, dimana hari itu tidak ada naungan kecuali naungan Allah SWT adalah pemuda yang menghabiskan masa mudanya dalam ketaatan kepada Allah

    • suraji

      mohon ijin ngopy tadz buat bekal dakwah, jzkllh….

  • ass..subhanaallah…tak bisa dibayangkan kalau diri ini yg menjd penghuni neraka,mudah2 Allah memberi ampun atas semua keselahan,kelalai dan khilap diri yang hina ini,,,mari saudaraku kt berlomba untuk mendapatkan tiket untuk masuk surga,dan sadarlah bahwa apa yg ada didunia ini tidak ada yang kekal….kehidupan yg kekal adl akhirat..mulailah dr sekarng kt melakukan amal2an yg mampu memaksukan kita keJannah

  • abu Ihsan

    Ass……. Robbi ampuni hamba di ujung usia ini
    Tunjukkan hamba jalan yang lurus
    ampuni pula dosa 2 org tua kami, guru2 kami, anak cucu kami dan masukkanlah kami kepada ampunan dan Rahmat-Mu yang luasnya tak terhingga. amin ……… Wass……..

  • Mufida

    Assalamu'alaikum..

    afwan ana mw bilang klo sbtlnya situs ini keren sekali..Subhanallah..

    Aq jd berfikir untuk tidak akan pernah lagi melalaikan ibadah..

    Wassalam…

  • conny

    assalamu'alaikum

    barakallohufiekum moga kita dapat miniti shiratul mustaqiem berada pada manhaj shahih berdasarkan al qur'an n assunnah !!! kita bermohon agar tidak mendengki orang-orang yang menegakkan syari'at alloh yang berusaha menunjukan syi'ar-syi'ar islam pada dirinya!!!

  • mohon kalau bisa tidask uasah terlalu banyak dalilnya. Yang penting penjelasannya.

  • Aries

    Duhai hamba-hamba Allah setiap detik waktu kita menentukan kemana kita kan menuju ke surgakah atau keneraka.jadikan 1 unit waktu = 1 unit amal

  • subhanallah…andai saja semua manusia yakin dengan adanya neraka dan siksanya,niscaya takan ada manusia yg berbuat dosa,maka dari itu mari kita gunakan setiap waktu untuk beribadah kepada allah agar kita terhindar dari nerka jahanam kelak….amin..ya Allah ya rhobballalamin

  • Syukron, Jazakumullohu khoiron katsir semoga kita sellalu ingat pesan-pesan Allah SWT dan Rosululloh SAW sehingga bersemangat utk berdakwah. dakwatuna terima kasih, darimu aku banyak ambil referensi.

  • Assalamu'alaikum. Syukron 'ala musa'adatikum ya "Dakwatuna"… ana banyak ambil manfaat dari tausiyahnya yang bagus-bagus sesuai dengan tuntunan syara'… Jazakumullah khaira jaza..

  • H.M.Shalahuddin Muke

    Asy Syukro ilallah,neraka memang ditutupi dengan sesuatu yang nikmat, mengundang syahwat dan hal-hal yang sesuai dengan kehendak hawa nafsu kita, maka hanya orang-orang yg tetap berpegang pada al-qur'an dan sunnah Raulillah yang tidak akan tertipu, jazakumullah khairan katsiran ya " DAKWATUNA " semoga dakwah antum sekalian sampai kehati.

  • RIESKA

    Allahuakbar…..

    semoga Allah melindungi dan merahmati kita……

  • idham

    bagaimana caranya agar ana dapat memiliki kumpulan khutbah jum'at

    teirma kasih

  • risma

    subhanallah…. semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahNYA kepada kita semua. karena tanpa pertolonganNYA,,,, hamba tidak akan perneh bisa bertahan sampai detik ini,,,

  • Fanany

    Subhananlloh!

    Inilah bentuk peringatan kepada kita semua untuk cepat melakukan perbaikan atas segala perbuatan kita sebelum terlambat. Saya tidak membayangkan betapa ngerinya menjadi penghuni neraka itu. Hanya membaca paparan tentang penghuni neraka saja, rasanya ngeri sekali.

    Ya Robb, jadikanlah aq orang yang selamat dari pedihnya api nerakaMu !

  • Umar

    Subhanallah!
    semoga seluruh umat islam tidak hanya omongan belaka dalam menyadari dosa2nya

  • jalmie tunggara

    Asalamu'alaikum…

    Subhannallah..Allahu Akbar..Tiada Tuhan yang kami sembah selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusannya. Semoga kita kaum Muslimin dan Muslimat selalu hidup di jalan Allah SWT. Karena hanya itulah yang bisa menolong kita semua di akhir kelak. Aminyarobbal'alamiin..

  • Rachmadi Minton

    kalau Alloh murka dengan pasukan israel yang menyerbu rakyat palestina. hanya sekejap saja pasukan israel itu luluh lantah dan hangus dengan batu2 neraka yg dijatuhkan dari atas langit.

  • Assalamu`alaykum warohmatullohi wabarokatuh, salam kenal afwan, ana mohon izin mengcopy dan memasang tulisannya pada blog ana dengan tetap mencantumkan sumbernya, untuk ikut berpartisipasi menyebarkan dakwah. Syukron ,jazakumullohi khoiron katsiro…….

  • taufiq

    AFWAN, SAYA PAKAI BESO JUM’AT UTK KHUTBAH.. SYUKRON KATSIIRAN

  • Semoga Allah menjauhkan aku dari api neraka

  • sunarto

    asslm, Ana ambil mat kutbah ini, syukran

  • edwar sonata

    maha benar allah dengan segala firmanya

  • putra

    assalamualaikum wr wb
    afwan saya kurang jls di bagian

    Api neraka jahannam telah dinyalakan seribu tahun hingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita.” (HR Tirmidzi).

    maksd hadist diatas apa
    Sribu tahun itu dlm arti sbenarnya atau hanya kiasan saja?soalnya dunia ini sdh hidup berjuta juta tahun yg lalu…

    wasalamualaikum wr wb

    • Abdurrahman Maknun

      Lihat terlebih dahulu derajat hadis tersebut, apakah “shohih” atau tidak.
      apabila hadis nya shohih, MENURUT SAYA mungkin maknanya kayak gini : 1 hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia(QS. Al- Hajj : 47), dan neraka tersebut diciptakan jauh hari sebelum diciptakannya dunia yang kita tempati sekarang. Wallahu A’lam

  • Taufiq

    Assalamu’alaikum,izin copy ya ustadz,syukron

  • Susi Taviati

    Andai saja Neraka tidak diciptakan, masihkah Manusia akan bersyukur pada-NYA …?

Lihat Juga

Ilustrasi - Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. (kpu.go.id)

Wa Ukhraa Tuhibbunahaa…