15:43 - Sabtu, 25 April 2015
Mochamad Bugi

Tiga Ciri Orang Ikhlas

Rubrik: Tazkiyatun Nufus | Oleh: Mochamad Bugi - 03/05/08 | 16:19 | 27 Rabbi al-Thanni 1429 H

Ilustrasi

Ilustrasi

dakwatuna.com – Jika ada kader dakwah merasakan kekeringan ruhiyah, kegersangan ukhuwah, kekerasan hati, hasad, perselisihan, friksi, dan perbedaan pendapat yang mengarah ke permusuhan, berarti ada masalah besar dalam tubuh mereka. Dan itu tidak boleh dibiarkan. Butuh solusi tepat dan segera.

Jika merujuk kepada Al-Qur’an dan Sunnah, kita akan menemukan pangkal masalahnya, yaitu hati yang rusak karena kecenderungan pada syahwat. “Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” (Al-Hajj: 46). Rasulullah saw. bersabda, “Ingatlah bahwa dalam tubuh ada segumpal daging, jika baik maka seluruh tubuhnya baik; dan jika buruk maka seluruhnya buruk. Ingatlah bahwa segumpul daging itu adalah hati.” (Muttafaqun ‘alaihi). Imam Al-Ghazali pernah ditanya, “Apa mungkin para ulama (para dai) saling berselisih?” Ia menjawab,” Mereka akan berselisih jika masuk pada kepentingan dunia.”

Karena itu, pengobatan hati harus lebih diprioritaskan dari pengobatan fisik. Hati adalah pangkal segala kebaikan dan keburukan. Dan obat hati yang paling mujarab hanya ada dalam satu kata ini: ikhlas.

Kedudukan Ikhlas

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162). Surat Al-Bayyinah ayat 5 menyatakan, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus.” Rasulullah saw. bersabda, “Ikhlaslah dalam beragama; cukup bagimu amal yang sedikit.”

Tatkala Jibril bertanya tentang ihsan, Rasul saw. berkata, “Engkau beribadah kepada Allah seolah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Allah melihatmu.” Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya.”

Fudhail bin Iyadh memahami kata ihsan dalam firman Allah surat Al-Mulk ayat 2 yang berbunyi, “Liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya” dengan makna akhlasahu (yang paling ikhlas) dan ashwabahu (yang paling benar). Katanya, “Sesungguhnya jika amal dilakukan dengan ikhlas tetapi tidak benar, maka tidak diterima. Dan jika amal itu benar tetapi tidak ikhlas, juga tidak diterima. Sehingga, amal itu harus ikhlas dan benar. Ikhlas jika dilakukan karena Allah Azza wa Jalla dan benar jika dilakukan sesuai sunnah.” Pendapat Fudhail ini disandarkan pada firman Allah swt. di surat Al-Kahfi ayat 110.

Imam Syafi’i pernah memberi nasihat kepada seorang temannya, “Wahai Abu Musa, jika engkau berijtihad dengan sebenar-benar kesungguhan untuk membuat seluruh manusia ridha (suka), maka itu tidak akan terjadi. Jika demikian, maka ikhlaskan amalmu dan niatmu karena Allah Azza wa Jalla.”

Karena itu tak heran jika Ibnul Qoyyim memberi perumpamaan seperti ini, “Amal tanpa keikhlasan seperti musafir yang mengisi kantong dengan kerikil pasir. Memberatkannya tapi tidak bermanfaat.” Dalam kesempatan lain beliau berkata, “Jika ilmu bermanfaat tanpa amal, maka tidak mungkin Allah mencela para pendeta ahli Kitab. Jika ilmu bermanfaat tanpa keikhlasan, maka tidak mungkin Allah mencela orang-orang munafik.”

Makna Ikhlas

Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya untuk Allah saja dengan menyembah-Nya dan tidak menyekutukan dengan yang lain dan tidak riya dalam beramal.

Sedangkan secara istilah, ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain. Memurnikan niatnya dari kotoran yang merusak.

Seseorang yang ikhlas ibarat orang yang sedang membersihkan beras (nampi beras) dari kerikil-kerikil dan batu-batu kecil di sekitar beras. Maka, beras yang dimasak menjadi nikmat dimakan. Tetapi jika beras itu masih kotor, ketika nasi dikunyah akan tergigit kerikil dan batu kecil. Demikianlah keikhlasan, menyebabkan beramal menjadi nikmat, tidak membuat lelah, dan segala pengorbanan tidak terasa berat. Sebaliknya, amal yang dilakukan dengan riya akan menyebabkan amal tidak nikmat. Pelakunya akan mudah menyerah dan selalu kecewa.

Karena itu, bagi seorang dai makna ikhlas adalah ketika ia mengarahkan seluruh perkataan, perbuatan, dan jihadnya hanya untuk Allah, mengharap ridha-Nya, dan kebaikan pahala-Nya tanpa melihat pada kekayaan dunia, tampilan, kedudukan, sebutan, kemajuan atau kemunduran. Dengan demikian si dai menjadi tentara fikrah dan akidah, bukan tentara dunia dan kepentingan. Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku.” Dai yang berkarakter seperti itulah yang punya semboyan ‘Allahu Ghayaatunaa‘, Allah tujuan kami, dalam segala aktivitas mengisi hidupnya.

Buruknya Riya

Makna riya adalah seorang muslim memperlihatkan amalnya pada manusia dengan harapan mendapat posisi, kedudukan, pujian, dan segala bentuk keduniaan lainnya. Riya merupakan sifat atau ciri khas orang-orang munafik. Disebutkan dalam surat An-Nisaa ayat 142, “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat itu) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”

Riya juga merupakan salah satu cabang dari kemusyrikan. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku takuti pada kalian adalah syirik kecil.” Sahabat bertanya, “Apa itu syirik kecil, wahai Rasulullah?” Rasulullah saw. menjawab, “Riya. Allah berkata di hari kiamat ketika membalas amal-amal hamba-Nya, ‘Pergilah pada yang kamu berbuat riya di dunia dan perhatikanlah, apakah kamu mendapatkan balasannya?'” (HR Ahmad).

Dan orang yang berbuat riya pasti mendapat hukuman dari Allah swt. Orang-orang yang telah melakukan amal-amal terbaik, apakah itu mujahid, ustadz, dan orang yang senantiasa berinfak, semuanya diseret ke neraka karena amal mereka tidak ikhlas kepada Allah. Kata Rasulullah saw., “Siapa yang menuntut ilmu, dan tidak menuntutnya kecuali untuk mendapatkan perhiasan dunia, maka ia tidak akan mendapatkan wangi-wangi surga di hari akhir.” (HR Abu Dawud)

Ciri Orang Yang Ikhlas

Orang-orang yang ikhlas memiliki ciri yang bisa dilihat, diantaranya:

1. Senantiasa beramal dan bersungguh-sungguh dalam beramal, baik dalam keadaan sendiri atau bersama orang banyak, baik ada pujian ataupun celaan. Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, “Orang yang riya memiliki beberapa ciri; malas jika sendirian dan rajin jika di hadapan banyak orang. Semakin bergairah dalam beramal jika dipuji dan semakin berkurang jika dicela.”

Perjalanan waktulah yang akan menentukan seorang itu ikhlas atau tidak dalam beramal. Dengan melalui berbagai macam ujian dan cobaan, baik yang suka maupun duka, seorang akan terlihat kualitas keikhlasannya dalam beribadah, berdakwah, dan berjihad.

Al-Qur’an telah menjelaskan sifat orang-orang beriman yang ikhlas dan sifat orang-orang munafik, membuka kedok dan kebusukan orang-orang munafik dengan berbagai macam cirinya. Di antaranya disebutkan dalam surat At-Taubah ayat 44-45, “Orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, tidak akan meminta izin kepadamu untuk (tidak ikut) berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang bertakwa. Sesungguhnya yang akan meminta izin kepadamu, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari akhir, dan hati mereka ragu-ragu, karena itu mereka selalu bimbang dalam keragu-raguannya.”

2. Terjaga dari segala yang diharamkan Allah, baik dalam keadaan bersama manusia atau jauh dari mereka. Disebutkan dalam hadits, “Aku beritahukan bahwa ada suatu kaum dari umatku datang di hari kiamat dengan kebaikan seperti Gunung Tihamah yang putih, tetapi Allah menjadikannya seperti debu-debu yang beterbangan. Mereka adalah saudara-saudara kamu, dan kulitnya sama dengan kamu, melakukan ibadah malam seperti kamu. Tetapi mereka adalah kaum yang jika sendiri melanggar yang diharamkan Allah.” (HR Ibnu Majah)

Tujuan yang hendak dicapai orang yang ikhlas adalah ridha Allah, bukan ridha manusia. Sehingga, mereka senantiasa memperbaiki diri dan terus beramal, baik dalam kondisi sendiri atau ramai, dilihat orang atau tidak, mendapat pujian atau celaan. Karena mereka yakin Allah Maha melihat setiap amal baik dan buruk sekecil apapun.

3. Dalam dakwah, akan terlihat bahwa seorang dai yang ikhlas akan merasa senang jika kebaikan terealisasi di tangan saudaranya sesama dai, sebagaimana dia juga merasa senang jika terlaksana oleh tangannya.

Para dai yang ikhlas akan menyadari kelemahan dan kekurangannya. Oleh karena itu mereka senantiasa membangun amal jama’i dalam dakwahnya. Senantiasa menghidupkan syuro dan mengokohkan perangkat dan sistem dakwah. Berdakwah untuk kemuliaan Islam dan umat Islam, bukan untuk meraih popularitas dan membesarkan diri atau lembaganya semata.

Tentang Mochamad Bugi

Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan… [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Saiful Bahri

Keyword: , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (458 orang menilai, rata-rata: 8,91 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • afifah

    alhamdulillah, tausyiah yang sangat menggugah utk Hati yang sedang gersang.

  • Fathur

    tausyiah yang anda sampaikan sungguh dapat menggugah hati yang sedang haus, ana mohon hadist yang terdapat dalam tausyiah tadi untuk ditulis dengan tulis bahasa arab agar kita bisa berbahasa arab,karena kita tahu bahasa arab adalah bahasa islam yang harus kita peljari, bahkan syaik ibnu taimiyah mewajibkan kita untukmempelajarinya

  • http://www,strategikita.com Marwan ds

    Assalamu'alaikum wr wb

    Makin banyak kita ketahui, maka hati ini makin tunduk. Dan makin pula kita bahwa satu masalah tampaknya sederhana bila dikupas akan berjilid-jilid buku jadinya.

    Alhamdulillah saya mendapat tuntunan membaca naskah ini

    Marwan Ds

  • http://eriman.multiply.com eriman muslim

    jazakumullahu khairan katsiraa ya usdtadz… tamparan keras buat saya pribadi (utamanya dr Allah via tulisan ini)seringkali merasa sudah banyak berbuat, padahal tidak ada di mata Allah SWT. sering malas kala sendiri dan rajin kala bersama. semoga tulisan ini bisa menjadi pendorong sy untuk bangkit kembali menjadi ruh yang selamat di dunia dan akhirat. amiin. do'akan sy ya ustadz, untuk istiqomah di jalanNya…

  • http://multazimah.blogsome.com el Fikr

    Orang yang tidak mau beramal karena manusia berarti dia riya'. Orang yang beramal karena manusia berarti dia syirik

  • budi

    jazakumullahu……intropeksi buat smua amal yang telah dilakukan..mo tanya boleh kan ambil dari artikel disini utk mading ato tulisan?

  • danie

    memang susah yah menjaga keikhlasan itu

  • jamila

    Alhamdulillah setelH ana baca tausiyah ini,,,,

    sedikit taw lebihnya bs membantu para mualaf dan mualif dalam dakwahnya dan juga untk para jiwa muda yang haus akan ilmu….

    innamal amalu biniat….

    innalllaha maal ashobirin

    sajakumullah,,,

    wassalamualaikum wr wb

  • ambari setiawan

    Ass. wr. wb

    Ikhlas adalah suatu keniscayaan tapi harus tekun untuk menegakannya diera globalisasi ini sulit membedakan yang berjuang dengan lillah dan yang tidak. meski awalnya lillah tapi sistem yang tidak mendukung kadang tererosi secara tidak sengaja. hanya kepada Alloh lah kita berlindung dari godaan syaiton yang sangat nyata dihadapan kita. terimakasih artikel yang saya baca bisa menambah wawasan untuk diusahakan diaplikasikan. semoga. insya Alloh.

    wass.

  • agus

    kok tidak mukhodimah dan dalilnya???

  • muriamurni

    hidup harus ikhlas

    tanpa keikhlasan hidup hanya akan terasa cape

    dalam pikiranya yang ada ingin selalu di puji

  • A. Sirfefa

    Alhamdulillah dengan membaca ini ada seorang anak manusia yang tertolong.

  • http://www.batan.go.id Umi Nisa

    Alhamdulilah puji dan syukur saya panjatkan kehadiratmu ya Alloh atas segala petunjukMu melalui artikel ini

  • SANTI

    YA ALLOH sang PENGUASA segalanya, ampuni aq yang sudah tahu apa artinya ikhlas tapi belum benar benar ikhlas dalam menjalani segala ketentuan MU…YA ALLOH masih bolehkah as merindukan MU………………..——TERIMA KASIH DAKWATUNA ATAS TAUSIYAHNYA

  • http://yahoo.com mona

    susah bangt neh buat ikhlas

  • http://dosaku Andrei

    Ampunin diriku iklas

  • arti

    Ketenangan hati hanya akan kita peroleh manakala kita ridho akan apa yang jadi kehendak Allah atas diri kita,ikhlas menerima setiap ketentuanNya,karena apa yang Allah takdirkan atas seorang hamba maka itulah pilihan terbaik untuknya meskipun dalam pandangan zahir manusia mungkin berbeda.Selalu ada hidayah Allah dibalik setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan searang hamba di dunia ini,dan hanya orang-orang yang mau berfikir(insyaallah)yang bisa mengambil manfaat darinya.Subhanaallah,sungguh setiap perkara orang yang beriman itu adalah suatu keberuntungan,manakala mendapat nikmat dia barsyukur,bila mendapat musibah dia bersabar&ikhlas.

  • Agus Salim

    terimakasih

  • http://sosiologipendidikan.blogspot.com Firman Fajar

    Makasih Bang Bugi.

  • Fredy Satria Mawardy

    "Asslamu'alaikum..sukron atas ilmu yang telah antum berikan..saya berharap semoga kita selalu terjaga keikhlasnnya dalam berbuat amal shaleh dan termasuk dalam golongan2 yang beruntung..dan semoga kita selalu di jaga oleh ALLH dari segala penyakit hati yang menghambat kita untuk ikhlas dalam beramal sholeh..Amin.Wassalamu'alaikum."

  • Pingback: upaya meraih haji mabrur | Mimbar Jum'at()

  • eko w

    kapan hati ini bisa ikhlasssss

  • http://wemax.multiply.com endar96

    Mas boleh saya copy dan pastekan ke multiply saya ya?. saya tidak lupa untuk ngelingkan site mas

  • Cicha Verawaty

    Sesuatu akan bernilai ibadah jika kita ikhlas..

  • zakiya

    terima kasih atas artikelnya

    salam

  • AZIS

    bagamana medownload materi kultum?

  • alfath

    assalammualaikum wr.wb

    ada bnyk yg ingin saya tanyakan.

    1.apa ada sesi tanya jwb

    2.bagaimana kalau saya memulai tobat saya krn seseorang bkn krn allah apakah saya termasuk orng yg munafik?

    terima kasih saya mengharapkan jwbnya…

    wassalam

  • http://www.ku-yus.blogspot.com kuyus

    wah .. artikel ini sangat berarti buatku. Aku sedang belajar ilmu ikhlas. Sekalian aku minta ijin mengambil beberapa point, untuk di rangkum di blog ku. Aku link alamat webnya di postinganku ..

    Trimakasih ya

  • aulia

    Assalamu’alaikum penulis,
    Alhamdulillah ada obat akan kegundahan hati saya selama ini dalam goresan penulis di halaman ini. Syukur dapat mengisi kembali kekosongan hati akan hakikat ikhlas itu sendiri, dan dalam pelajaran ilmu ikhlas ini, saya mohon izin untuk menampilkan tulisan penulis dalam facebook saya, InsyaAllah bermanfaat dan dapat selalu mengingatkan. terimakasih,

    wassalam,

    aulia.

  • http://www.yahoo.com hasan

    Assalamu’alaikum wr wb, Alhamdulillah setelah membaca artikel ini kegundahan & kegelisahan hati dpt terobati, ternyata mgkn selama ini sy “kurang” ikhlas dlm menapaki hidup, shg yg diterima adalah kekecewaan, terima kasih kepada penulis yg tlh menyadarkan sy pribadi & para pembaca artikel ini umumnya

  • ary wira

    salam keihklasan dari cah brebes kang

  • muhtarike

    subhanallah, memang keikhlasan yang kita lakukan akan memberikan ketenangan kepada kita tanpa kita sadari. awalnya sangatlah susah untuk ikhlas, tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. belajarlah dari yang kecil dan mulai detik ini, lakukan apa yang bis dilakukan ada atau tidak ada disekitar kita. insya Allah kita akan segera tahu apa itu ikhlas

  • http://dakwatuna.com ayu

    subhannallah,artikel ini bagus dan bisa dibaca untuk para kaum muslimin.kita jadi tahu bagaimana jadi orang yang ikhlas.menjadi org yang ikhlas itu sangat bagus untuk diterapkan dalam hidup kita. apapun yang terjadi dlm hidup kita ini harus dijalanin dgn hati yang ikhlas. semua masalah yg kita hadapin dgn ikhlas akan terasa terobati yang begitu dalam.insya allah saya akan lakukan semua tugas dgn ikhlas!!!

  • hida

    assalamu’alaikum … alhamdulillah, saya dapati lagi suatu pelajaran tentang ikhlas, terimakasih atas tausiyah nya. wassalmu’alaikum.

  • usep zaenudin

    jazakallah…sangat membantu…

  • syaiful munir

    Alhamdulillah….sekarang kita bertambah wawasan tentang keikhlasan dalam beramal dijalan Allah,, tinggal bagaimana kita menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, semoga Allah selalu memberi petunjuk kepada hamba-hambanya yang selalu ingin beramal dengan ikhlas kepada Nya,, amiin….

  • http://dakwatuna.com Arya k winata

    alhamdulillah….jazakumulloh khoiron katsiron kita terlindung dr godaan dan bisikan syaithon dan beramal dgn ikhlash…..tausiahnya sngat menyentuh hati ku

  • http://www.annie-rosetyani.blogspot.com Ani Rostiani

    Jazakallah … sungguh sebuah pemberian yang berkah. Insya Allah saya dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

  • http://www.adung1.peperonity.com adung1

    ayo k!ta hrus bisa ikhlas..

  • saniyyah

    cerita yang bisa membuat aku sadar akan arti ikhlas……..
    thx from me….. =)

  • winarso

    membaca ini dapat menambah khasanah hati untuk menujuMU ya Allah

  • nanda

    Bang bagaimana caranya ya agar hati kita selalu ikhlas dalam menjalani hidup ini?
    Mohon kali penjelasan dari Abang atau saudaraku yang lainnya, yang tahu caranya atau telah merasakan keikhlasan dalam hatinya sebagaimana tuntunan Rasulullah.
    Sepertinya hanya dengan rasa hati yang ikhlaslah hidup ini akan terasa selalu nyaman dan penuh rasa syukur.
    Amien.

    • http://www.abdullah-syauqi.cybermq.com Syauqi

      keiklasan adalah suatu proses amal, ingat selalu tujuan dengan niat yang ikhlas, mmohon perlindungan kpda Allah dari setiap amal agar syaitan terkutuk tidak diberikab kemampuan menganggu amal kita, Dialah Allah yang dpt membantu amal2 kita untuk sampai kepada keikhlasan….

  • yusuf

    terima kasih, semoga Allah mengasihi dan menyayangimu, Amiin

  • http://- Ribeldi bimantara

    semoga ke-ikhlasan kita selalu dijaga dan dipelihara oleh Allah SWT

  • andri yani

    ya alla muliakanlah,ummat yg selalu..menyebarkan kebaikan,

    • yaya

      Ya Allah berikanlah kami dalam keistiqomahan sll dalam jl-Mu

  • Ale

    bacaan yg cukup memberikan masukan pada diri sendir dan mnjadi bhan koreksi diri.

  • zahro

    semoga kita dijadikan hamba-hamba yang ikhlas dan istiqomah dalam mencari kerodlaan Allah SWT

  • rina

    dengan membaca ttng keikhlasan, ht mjadi tenang…pengen membenahi hati lagi..lagi..dan lagi..thanx ya…

  • http://- muhammad ghozali

    mudah nya untuk mendapatkan informasi tentang keagamaan, dengan membuka situs web dakwatuna.com

  • tsabita

    dikatakan bahwa : Orang yang riya memiliki beberapa ciri; malas jika sendirian dan rajin jika di hadapan banyak orang. Semakin bergairah dalam beramal jika dipuji dan semakin berkurang jika dicela.

    bagaimana jika dengan melihat banyak orang yg bersemanagat dia jug aikut bersemangat jadi tidak malas lagi. apakah ini jug atermasuk kategori riya?

  • YOSA

    Ass wr wb,
    Pak Bugi uraiannya sangat menyentuh nih,…
    Klo ada kesempatan saya mo mohon bpk bahas masalahan masalah kelainan seksual,… apa hikmah bagi yng mengalami.

    wasalam,

  • ilfi

    Bpk, sy trtarik dg tlsn bpk ttg ikhlas. Tp sy pngn tau rujukan aslinya d kitab apa sy bs bljr ttg ikhlas

  • lina

    Artikel bapak sangat menarik.

  • wiwid

    artikel bapak sangat menginspirasi. mudah-mudahan setelah membaca artikel bapak saya bisa menjadi manusia yang lebih ikhlas lagi dan lebih bijaksana dalam menjalani hidup dijaman yang super sulit ini.amien….

  • Yuki

    Apakah arti Ikhlas yg dalam? saya sudah di dzolimi dan yang mendzolimi saya adalah Haji selaku imam masjid, cukup dalam perihnya hati saya, yang tadinya niat cari pahala, karena di dzolimi malah berbalik
    mengutuk habis orang seperti itu seakan saya ingin menyaksikan pembalasan dari Allah S.W.T….haruskah saya pasrah dan menanggung beban yang tidak semestinya dipikul oleh siapapun?

  • amak

    arti ikhlas yang kongkrit bisa menimbulkan seseorang berfikir……………..ox

  • anisa

    Assalamualaikum Bapak..
    saya lg mendapatkan masalah yg menurut saya sangat Besar, Lisan saya Ikhlas Tp Jujur bathin saya sm sekali Gak Ikhlas, Pacar saya dijodohin sm Ortunya klo tdk mau maka Pacar saya tdk akn dianggap ank lg sama Org Tuanya berbagai macam cara sdh dilakukan pacar saya tp tetep kekerasan Hati Ortu Tdk bisa terkikis, saya Berusaha Ikhlas utk melepas pacar saya menikahi wanita pilihan Ortunya meskipun hati saya sangat sakittt, Bagaimana y pak biar bathin saya bisa ikhlas Juga.

  • esti

    ikhlas… terasa indah dan mudah diucapkan… coba mudah juga untuk digapai..oh indahnya

  • nin@

    :) so swiit

  • aan

    Ass. pak tulisan ini alhamdulillah dr yg tdk tahu jd tahu, nikmat memng jka ikhlas tdk ada nyangkut riya trkadng lalai smua brmula. kmurnian hati dlm ikhlas smoga saja bisa melangkah sllu pada jalan yg lurus. amin

  • Sasha Syaifani

    Alhamdulillah, melalui dakwah ini saya bisa Kultum di sekolah dengan lancar. Makasih banyak lo pak, nggak nyangka masih ada situsa dakwah seperti ini,,

  • hendro

    Alhamdulillah , menurut saya naskah ini sangat bagus ,kita bisa muhasabah apakah amalan kita sudah baik .Jazakallah atas naskahnya , saya berharap bagi antum yang menulis naskah ini tolong berikan saya nasehat agar saya bisa muhasabah

  • arif

    makasih atas pencerahan yah………..

  • farah

    apakah ketika kita merasa tersakiti oleh orang yang kita percaya…. namun dr situ kata maaf masih tetap ada…apakah itu bisa dikatakan ikhlas??? menerima pa yang terjadi pada kita karena merasa pa yang Allah berikan pasti da hikmah nya

  • Andi fahmi

    Insya Allah sangat berguna khususnya bagi saya dan umumnya bagi umat Islam…

  • Padmono

    Terimakasih Ustadz, semoga amalan ini bermanfaat bagi banyak orang. Boleh nggak di share ke yang lain?

  • anggoro

    Kata IKHLAS memang sangat gampang diucapkan oleh siapa saja, tapi betapa sulit dikerjakan apabila tidak disertai oleh taufik yang datang dari ALLAH SWT.
    Semoga ALLAH menolong kita. Amin.

  • Alf.M.U

    Semoga saya dan smua orang yng membAca artikel ini.. Bisa memperbaiki hidup untuk menjadi lebih baik bukan hanx di mata orang2 saja tapi juga di Mata Allah SWT,,, Amin..

    • efniwati

      Sudah lama saya ingin mencari kunci supaya saya bisa berbuat ikhlas, saya selalu berdoa supaya saya bisa sabar dan ikhlas, tetapi saya selalu tidak bisa sabar menghadapi suami yang hanya bisa menuntut hak tetapi tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana kewajiban suami, saya ingin bertanya apakah saya berdosa kalau saya menolak keinginan suami dengan alasan capek karena memang tulang punggung dalam keluarga adalah saya, saya memang capek dan umurpun sudah tidak muda lagi.

  • aditia

    assalamu’alaikum warahmatullahiwabarokatuh
    saya minta saran dari saudara saya telah banyak berbohong kepada kedua orang tua saya,saya berniat untuk membuka kebohongan saya,karena saya merasa selalu dihantui oleh perasaan bersalah,saya lupa kepada allah, saya meninggalkan perintahnya dan saya sadar akan hal itu,tapi saya tetap saja menutup diri untuk memperbaikinya,saya ingin mengakhiri semua kelalaian saya dan menjadi muslim seutuhnya.
    wassalamu’alikum warahmatullahiwabarokatuh…

  • Sahir Brown

    Benar juga tuh,,,! sering kali ketika saya sendirian.. malas banget bekerja, beribadah, dan berbuat baik,! tapi ketika bersama orang lain,, Eh serius banget aku kerja dan beribadah…!

  • Afandi

    Assalamu’alaikum, izin share ya..semoga Allah memberikan rahmatnya kepada kita semua dan semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt. Amiin…

  • maysaroh

    subhanalloh ternyata seperti itu devinisi dari ikhlas, mudah dikatakan tapi sulit untuk dilaksanakan…akan tetapi marilah kita coba melatih diri kita untuk bisa ikhlas dalam setiap amal perbuatan.semaga amal ibadah kita selama ini diterima oleh Allah SWT amiiiin

  • i yan

    pak dek matur sembah nuwon, ilmune

  • NN

    Assalamu’alaikum…????
    saya pengen banget belaja untuk ikhlas tapi bagaimana caranya pak?
    saat ini saya sedang ada masalah yang sangat rumit untuk aku hadapi seorang diri pak?

    antara ” Kepercayaan terhadap MITOS ( larangan jawa yang sudah menjadi suatu keyakinan karena ada bukti yang membuat mereka yakin dengan kejadian itu)” dan ” Cinta yang sangat aku yakini itu semua datang dari ALLAH dan Aku dengan pasanganku sudah punya niat yang mulia….

  • Abu sujak

    Dapatkah aku ikhlas? karena aku seorang pedagang yang kesehariannya menipu orang .

    • dirman

      Tidak ada yang tak mungkin pak, selama niat anda bersungguh-sungguh ingin berubah. Ikhlas adalah sesuatu yang memerlukan perjuangan untuk mendapatkannya. Dan setelah kita mendapatkannya pun, kita masih harus berjuang untuk menjaganya agar tidak terkotori dengan ria. Carilah ilmu yang banyak dan amalkan…

  • santossony

    Ihhlas begitu mudah diucapkan….tapi bagaimana dengan hati kita … apakah juga mudah untuk ikhlas?…..subhanalloh….! mudah2han dalam perbuatan tingkah laku kita sehari2 tiada lain kecuali senantiasa mengharap ridhoNYA..!

  • Artha

    Astaghfirullah… sering kali kita tidak sadar akan bertambah jauhnya kita dgn sang pencipta. Allah SWT. Terima kasih bnyak atas tausiahnya..

  • sudarma

    mudah2n qt termasuk orang2 yg senantiasa berbuat ikhlas. amin

  • riyendra

    mudah2 an aku bisa menerima apa yang telah dituduhkan oleh ibu dari mantan kekasih ku dulu.. ibu nya menuduh kalo aku selama ini merusak anak nya…

  • marya

    sngat susah skali untuk mnjdi iklas it pak?

  • stanly

    puji syukur kehadirat allah yang maha segala-galanya.
    mudah2an,selalu dalam bimbingan allah.

  • auliyarahman

    yakhi,,,,,,,doakan ana agar ana termasuk dalam golongan yang ikhlas…nama ana auliyarahman..barakallah ya akhi….

  • oca

    ikhlas kata yang sangat mudah diucapkan tapi sungguh teramat sulit untuk dilakukan terutama oleh saya, tapi semoga amal kita tidak termasuk yang mardud karna riya

  • erka

    syukron ustad, sangat brmanfaat.. ijin share ya…

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000551370262 Rasmin Saleh

    Kalau ingin kebahagiaan dunia akhirat; amalkanlah selalu prinsip ikhlas demi mencapai ridha Allah SWT.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000551370262 Rasmin Saleh

    Memang berlaku ikhlas amat mudah diucapkan tapi amat sulit dilaksanakan, Namun kenapa tidak kita coba mulai saat ini melatih diri untuk ikhlas didalam setiap hembusan nafas kita. Dan senantiasa bermohon kehadlirat Allah SWT semoga segala apa yang kita fikirkan/niatkan dan kerjakan diridhai oleNYA.

  • Pingback: Tiga Ciri Orang Ikhlas | halimi cirebon()

  • Sugianti

    Kata ikhlas sangatlah sederhana,dan mudah melafaskanya,tapi dalam realisasinya tidak semua orang bisa menerapkan yang namanya ikhlas.

  • M2nkners

    subhanallah, artikel yg mmbuatku tersentuh.

  • M2nkners

    subhanallah, artikel yg mmbuatku tersentuh.

  • Natasya85

    ass….usatad,sya sangat kagum dng artikel anda….sy sngt berharap dpt menjd orng yg iklas….sy sndr mersakn bnyk yg kurang dlm dri sy,terutm dlm ilmu agama…..bnyk yg blm sy ketahui tentng islam

  • Andry Asmar

    Mudah untuk dikatakan tapi sangat sulit untuk dilakukan, IKHLAS sudah berusaha untuk itu tapi rasa sakit, kecewa dan terluka itu masih melekat di hati bila teringat akan kata2nya, janji-janjinya, dan kebohongannya sakit terasa apa lagi itu keluar dari mulut sahabat yg sangat kita sayangi dan yg begitu kita percaya, tapi IKHLAS ….. IKHLAS …..IKHLAS ….. yang harus kita tanamkan dihati semoga dengan ini akan berbuah manis, amin

  • Maswid9c

    ikhlas & sesuai dengan yg dicontohkan Nabi Muhammad SAW…………..mudah2an bisa tentu tidak sempurna

  • http://www.facebook.com/people/Gembel-Tapi-Mbelink/1789941044 Gembel Tapi Mbelink

    Mudah2an kita bisa ikhlas…..

    Aamiin Ya Alloh . .  . .

  • http://www.facebook.com/people/Chepz-Hidayat/100000423538342 Chepz Hidayat

    ” mudah2 han kita bisa selalu ikhlas dan terjauh dari sifat Ria ….”

  • http://www.facebook.com/people/Dwi-Santoso/100001323151484 Dwi Santoso

    IHKLAS sesuatu yang sangat sulit untuk di lakukan dan bila dilakukan  dengan SABAR maka semuanya itu  yang dikatakan Orang yang  IHKLAS dan SABAR.mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang selalu diberijalan dan diberkahi dalam menuju RIDHO ALLAH aaamiiin…..

  • dwi

    Hubungan ilmu, amal, ikhlas dan Iman,,, sangat erat hubunga dalam kehidupan sehari-hari,,,,,,
    Yaa Allah tuntunlah hamba untuk bisa mengamalkan Ilmu dengan ikhlas dengan tujuan beramal atas dasar Iman kepadaMU … Yaa Allah

  • http://www.facebook.com/cipto.panji Cipto Panji

    semoga kita bisa selalu ikhlas dan terjauh dari sifat Ria

  • sukarman harianto

    iklas dalam nejalani kehidupan berat memang

  • muliawardi

    smoga kita bisa meraih keikhlasan dalam menjalani hidup yang sebentar ini …

  • kaji bowo

    ngomongnya gampang njalaninnya susah

  • yusransyah

    ikhlas spt surat Al-Ikhlas yang tidak ada kata ikhlas didalamnya

  • HARDIN

    IKHLAS = BERAT

    TIDAK MENYAKITI HATI ORANG LAIN
    PENYAYANG PADA SESAMA MAHLUK
    ROMANTISME KELUARGA
    SEDEKAH (yg tidak di ungkit-ungkit)

    IKHLAS

  • Iekha Rizky AN

    semoga kita semua mampu dan sanggup menjadi orang orang yang ihklas dlam mlakukan kebaikan lilla hitaala

  • Bambang Setiono

    Ya Allah aku ingin ikhlas

  • http://www.indrawirawanm.com/ Indrawirawan Mursalim

    Ikhlas….Bekerja atau beraktivitas dengan senantiasa terikat dengan hukum Allah

Iklan negatif? Laporkan!
96 queries in 1,439 seconds.