Topic Archives: Kriminalisasi LHI oleh KPK

Mantan Ketua MA: Vonis Hakim Terhadap LHI Tidak Akurat

Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan mengkritik vonis hakim terhadap LHI sebagai putusan yang tidak akurat. Ia berpendapat bahwa perbuatan pidana dalam perkara itu belum terjadi, sehingga tidak layak dijatuhkan hukuman. “Ini pelajaran pidana dasar, apakah niat saja sudah bisa dihukum? Anda menghukum tidak boleh berdasarkan asumsi. Pidana tidak boleh pakai asumsi,” ujarnya.

Baca selengkapnya »

Inilah Isi Lengkap Nota Pembelaan Tim Penasihat Hukum LHI

Tim penasihat hukum LHI kemarin (4/12/2013) membacakan nota pembelaan terhadap LHI terkait perkara impor daging sapi. Pembacaan nota pembelaan yang setebal 94 halaman tersebut sempat terpotong untuk jam istirahat dan shalat Maghrib. Redaksi dakwatuna berhasil memperoleh isi lengkap dari nota pembelaan tersebut. Berikut ini isi selengkapnya tanpa kami ubah redaksionalnya.

Baca selengkapnya »

Video Saksi Ahli Persidangan Tipikor 29 Mei 2013

Ilustrasi - Televisi.

Saksi Ahli Persidangan Tipikor 29 Mei 2013, Dr Eva Achjani Zulfa, beberapa poin di antaranya: 1. Pimpinan Partai tidak termasuk dalam kualifikasi unsur pegawai negeri atau penyelenggara negara, sedangkan LHI pada waktu itu adalah Ketua Partai; 2. Penyelenggara negara yang tidak memiliki kewenangan yang dimaksudkan, maka tidak termasuk kategori penerima suap, sedangkan LHI adalah anggota DPR komisi 1 dengan domain Keamanan dan Ketahanan Negara, di sisi lain impor sapi masuk domain komisi 4;

Baca selengkapnya »

Transkrip Wawancara Prof. Romli Atmasasmita Seputar Kriminalisasi LHI di TV Beritasatu

Siapa pun penyidik baik pidana korupsi maupun yang lainya (terutama KPK), penyidik tidak bisa langsung menyidik cuci uang walaupun ada indikasi. Bahkan dalam UU pencucian uang yang sebelumnya tahun 2002, penyidik asal tidak dapat menyidik cuci uang, kecuali polisi. Setelah ada perubahan tahun 2003 juga demikian, belum ada pembuktian terbalik. Kemudian disempurnakan tahun 2010 bahwa penyidik asal boleh melakukan penyidikan cuci uang sekaligus dan pembuktian terbalik.

Baca selengkapnya »