Topic Archives: Keuangan Islam

Harmonisasi Laporan Audit Bank Syariah Sebagai Tantangan Keuangan Islam di Masa Depan

Fakhfakh (2017) menjelaskan masih banyaknya keberagaman hasil laporan keuangan audit bank syariah di beberapa negara Islam. Audit atas laporan keuangan bank syariah di Sudan dan Palestina dilakukan sesuai dengan standar auditing dari AAOIFI. Sedangkan audit lembaga keuangan Islam di Inggris, Yordania dan Oman, dilakukan sesuai dengan International Standar Auditing. Untuk bank syariah yang tersisa, audit dilakukan sesuai dengan standar auditing nasional

Baca selengkapnya »

ADB Bantu Akses Keuangan Islam untuk Empat Negara

Asian Development Bank (ADB) akan membantu akses keuangan Islam di empat negara muslim yakni Afghanistan, Bangladesh, Pakistan dan Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa hibah sebesar 750 ribu US Dollar. Bantuan teknis ini sebagai respon atas permintaan bantuan dari empat negara tersebut. Rencananya, bantuan tersebut digunakan untuk mengembangkan platform e-modul.

Baca selengkapnya »

Keuangan Islam Bangun Struktur Ekonomi Dunia

Pertumbuhan substansial dan kehandalan keuangan Islam kini menjadi fenomena global. Terbukti, sejumlah negara non-Islam menunjukkan minat dalam industri yang dinamis tersebut. CEO Al Hilal Bank Jamil Berror mengatakan saat ini perbankan konvensional dan industri keuangan perlahan sembuh dari dampak dari krisis keuangan.

Baca selengkapnya »

Keuangan Islam Tumbuh Pesat

Pertumbuhan keuangan Islam tubuh pesat dan menembus batas-batas negara. Pascakrisis keuangan perekonomian global, sistem keuangan Islam mampu mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan. "Ini menyoroti potensi pertumbuhan yang sangat besar untuk keuangan Islam," ujar Organisasi World Islamic Banking Conference (WIBC), David McLean seperti dikutip Gulf Daily News, Selasa (11/12).

Baca selengkapnya »