Topic Archives: Berinteraksi dengan Al-Qur'an

Dekat dengan Al-Quran

Dekat dengan Al-Quran akan menciptakan sebuah kebahagiaan yang tak terukur nilainya. Semakin dekat kita dengan Al-Quran, maka hakikatnya semakin dekat pula kita dengan Sang Penciptanya. Oleh karena itu, membiasakan diri untuk bersamanya mulai dari mendengarkan lantunan ayat demi ayat, membacanya dengan penuh penghayatan, hingga mempelajari isi kandungan tiap ayat, akan menjadikan diri ini semakin dengan dengan-Nya.

Baca selengkapnya »

Khowathir Qur’aniyah, Nazharat fi Ahdafi Suwaril Qur’an (Khowathir Qur’aniyah: Kunci Memahami Tujuan Surat-Surat Al-Qur’an)

Al-Quran adalah sumber cahaya kehidupan yang tak akan pernah padam hingga akhir zaman. Karena kesucian dan keasliannya, akan terus dijaga oleh Allah yang telah mewahyukan al-Qur’an kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril. Keaslian ini pula yang menjadi salah satu mukjizat dari sekian banyaknya mukjizat Kalamullah ini.

Baca selengkapnya »

Manusia Unik, Kepada Mereka Belajar Tentang Cinta

Jika ditanya siapa yang menyimpan Al-Qur’an di dalam rumahnya, saya yakin hampir semua umat muslim menjawab, 'Ya, saya punya!'. Namun jika dilanjutkan dengan pertanyaan, “siapa yang rutin membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an?” Meski saya belum melakukan penelitian secara khusus, tapi di beberapa tempat saya sering menemukan muslim yang hanya menjawab dengan senyum malu sembari mengatakan, “He he, saya rutin kok, tiap Ramadhan (aja), tapi ga khatam sih.”

Baca selengkapnya »

Menghafal Al-Quran Ala Maroko

Menghafal Al-Qur’an, saya yakin semua umat muslim ingin menghafal Al-Qur’an, sebab Al-Qur’an merupakan mukjizat penutup para nabi dan Rasul yaitu Nabi Muhammad SAW. Dan merupakan petunjuk untuk umat muslim, dan untuk semua manusia, berbagai alasan  yang ada sehingga kebanyakan of the muslim hanya terucap di bibir namun sulit terlaksana.

Baca selengkapnya »

Proyek Membumikan Al-Qur’an

Mas Ippho Santosa berkata yang intinya: "Otak kanan adalah gerbangnya otak bawah sadar. Otak kanan cenderung membayangkan; apa yang Anda bayangkan berulang-ulang akan masuk ke dalam alam bawah sadar Anda". Ketahuilah, bahwa sesuatu yang masuk ke alam bawah sadar akan berjalan secara otomatis tanpa perlu dipikirkan.

Baca selengkapnya »

Bersahabat dengan Al-Qur’an

Melihat judul di atas mungkin sebagian orang akan menyangka bukankah Al-Qur’an benda mati? untuk apa kita bersahabat dengannya? Perlu kita kembali dengar pepatah yang mengatakan seseorang dilihat dari teman (sahabatnya). Barangsiapa yang bersahabat dengan tukang minyak wangi maka akan ketularan bau wanginya, siapa yang dekat dengan pandai besi maka sangat mungkin terciprat bara apinya.

Baca selengkapnya »

One Day One Juz?

Mengapa harus satu juz sehari? Mungkin sebagian dari kita akan mengatakan “waduh boro-boro se-juz? Menyentuh Al-Qur’an saja belum tentu…he-he-he.” Ternyata di kalangan orang-orang yang terbiasa dengan halaqah ilmu saja masih terasa berat dengan istilah “rutin tilawah Al Quran satu hari satu juz”. Lantas bagaimana dengan mereka yang masih sangat awam dengan keislamannya?

Baca selengkapnya »

Pedekate, Yuuk…!

Tak kenal, maka tak sayang. Begitu pepatah yang lekat dengan telinga penduduk Indonesia. Diakui atau tidak, memang ada benarnya juga makna pepatah itu. Umumnya rasa cinta bersemi manakala kita sudah melakukan “pedekate” dan interaksi dengan suatu hal. Namun, kali ini kita tidak akan mengupas seputar kecintaan kepada manusia. Ternyata ada kecintaan lain yang masih sering kita abaikan. Kecintaan kepada Al-Qur’an, itulah yang sama-sama coba kita refleksikan pada kesempatan ini.

Baca selengkapnya »