Figure Archives: Joko Widodo

joko-widodoIr. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. Jokowi pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 sampai dengan 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. Sebelumnya, dia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 sampai dengan 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota.

Noda Besar di Bulan yang Suci itu Bernama Hoax

Pada saat ini kita sering kali melihat perbuatan yang benar-benar jauh dari etika. Manusia cenderung berorientasi terhadap kebutuhan dirinya sendiri, dan tidak memikirkan orang lain. Misalnya saja di media sosial, semua orang bebas berpendapat tanpa memikirkan terlebih dahulu apa yang akan ia sampaikan. Oleh karenanya pada saat ini, manusia cenderung kurang menerapkan etika dalam berkomunikasi.

Baca selengkapnya »

Reklamasi dan Kemaslahatan

Abu Ubaid menjelaskan dalam bukunya kitaabul amwaal tentang menghidupkan tanah yang mati (ihyaul mawaat/ihyaul al aradhin) yaitu menghidupkan kembali tanah yang mati, tandus, tidak terurus, tidak ada pemiliknya dan di manfaatkan dengan membersihkannya, mengairi, mendirikan bangunan dan menanam kembali benih-benih kehidupan pada tanah tersebut. Dalam hal ini negara berhak menguasai tanah tersebut dengan menjadikannya milik umum dan manfaatnya diserahkan dan kemaslahatan umat.

Baca selengkapnya »

Aksi Bela Rakyat 121 di Samarinda

Poin-poin tuntutan mahasiswa Samarinda ialah: Menolak dengan tegas PP. NO. 60 Tahun 2016 dan menuntut Presiden Jokowi untuk mencabut PP tersebut, Menolak kenaikan harga BBM, tarif dasar listrik serta harga cabai yang mencekik rakyat, Mengecam Presiden dan jajarannya yang saling lempar batu sembunyi tangan atas kebijakan yang dibuatnya.

Baca selengkapnya »

Antara Novel Bamukmin, Fitsa Hats, dan Hukum Muslim Bekerja di Perusahaan Non-Muslim

Saya sebagai seorang Muslim sekaligus anggota masyarakat Indonesia yang sudah lama ber-Bhinneka Tunggal Ika, marilah kita semua hidup beragama yang sesuai dengan ajaran agama masing-masing serta hidup berbangsa yang baik dan harmonis. Apabila timbul suatu masalah yang menyangkut agama, pahami dan selesaikan sesuai dengan ajaran agama. Apabila timbul masalah yang menyangkut sosial, selesaikan secara kekeluargaan dan mengedepankan kedamaian dan akhlak yang baik.

Baca selengkapnya »