Organization Archives: The Guardian

Muslim Rohingya Bisa Berdamai dengan Nasibnya, Kapan?

Kata “Rohingya” di mata masyarakat Indonesia sudah menjadi pembicaraan publik. Hari-harinya pun diwarnai dengan cucuran darah keluarga dan saudara-saudaranya. Kehidupan mereka pun tak seindah kehidupan kita saat ini, yang setiap harinya harus melawan dan melemah muslim Rohingya ini kehilangan segala yang mereka punya kecuali tubuh mereka sendiri yang sekarang menjadi harta di hidupnya.

Baca selengkapnya »

Mayoritas Layanan Peta Online Belum Cantumkan Peta Palestina

Google tidak pernah menghapus peta Palestina pada layanan Google Maps dan Google Earth karena sejak awal memang belum pernah mencantumkan label peta Palestina pada layanannya tersebut. Namun pada wilayah Timur Tengah, Google Maps memiliki potensi keberpihakan keberpihakan dalam pencantuman peta sebuah negara, khususnya Palestina, karena data yang digunakan Google Maps bersumber dari data yang dimiliki sebuah perusahaan yang kantornya berada pada entitas penjajah Israel.

Baca selengkapnya »

Ketika Media-Media Barat ‘Bersepakat’ dalam Menanggapi Gagalnya Kudeta di Turki

Dua hari terakhir ini, media-media di Amerika dan Inggris sedang ramai menyerang Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, setelah berhasil menggagalkan upaya kudeta, Sabtu (16/07/2016) yang lalu. Hal yang mencolok adalah mengapa media-media tersebut bersepakat pandangannya seakan dipublikasikan oleh satu pimpinan redaksi. Pandangan itu adalah bahwa Erdogan telah mengeksploitasi kemenangannya melawan kudeta untuk memperkuat kediktatoran dan membungkam lawan-lawan politiknya.

Baca selengkapnya »