Ini Negara Arab yang Pemerintahannya Paling Dipercaya Rakyat

Ilustrasi. (arabic.sputniknews.com)

dakwatuna.com – Moskow. Lembaga internasional yang bergerak dibidang riset opini (IPSOS) merilis hasil jajak pendapat yang mereka gelar di 26 negara di dunia. Jajak pendapat yang digelar bulan Juli lalu itu menitikberatkan pada variabel kepercayaan rakyat pada pemerintahnya.

Hasil survei menempatkan Kerajaan Arab Saudi urutan pertama di kawasan Arab, sebagai negara paling dipercaya rakyatnya. Tercatat, 71% rakyat Arab Saudi yang menjadi peserta survei, merasa percaya dengan pemerintahan yang berjalan dan meyakini negara mereka berjalan di arah yang benar.

Pada skala dunia, Arab Saudi menempati posisi ketiga setelah Tiongkok dan India yang masing-masing menempati urutan pertama dan kedua.

Jumlah persentase rakyat Arab Saudi yang percaya pada pemerintahan, tampak menurun dibanding bulan-bulan sebelumnya. Hasil bulan Mei dan Juni menunjukkan angka masing-masing 74% dan 75 % rakyat yang percaya pada pemerintahan.

Berbagai masalah penting yang menjadi perhatian rakyat Saudi di bulan Juli, juga terungkap pada hasil survei tersebut. Masalah pengangguran menempati urutan pertama dengan 36%, disusul selanjutnya korupsi 34%, kemiskinan dan ketidakadilan sosial 33%, terorisme dan kriminalitas 30%, serta masalah kesehatan 23%.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa kepercayaan rakyat Saudi pada pemerintahannya menurun. Dimana 40% rakyat meyakini bahwa negara mereka berada pada jalur yang benar, sedangkan 60% rakyat melihat sebaliknya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Sputnik Arabic

Konten ini telah dimodifikasi pada 15/08/17 | 18:27 18:27

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...