Mantan Menhan Israel Sebut Bantuan Qatar ke Gaza Sebab Pengunduran Dirinya

Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani. (Sputnik)
dakwatuna.com – Tel Aviv. Mantan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman buka suara terkait latar belakang keputusannya untuk mengundurkan diri beberapa waktu silam. Ia menyebut ada sebab lain selain yang selama ini dibahas media yaitu terkait gencatan senjata Israel dengan Hamas di Jalur Gaza.

Dilansir dari Sputnik Arabic, Rabu (12/12/2018), Lieberman menyampaikan hal itu melalui unggahan di akun Twitter pribadinya. Ia menyebut, bantuan dana dari Qatar lah yang menjadi salah satu sebab dirinya meninggalkan jabatan sebagai ‘menteri perang’ Zionis.

“Pengiriman dana sebesar 15 juta dolar dari Qatar (ke Gaza) menjadi salah satu sebab pengunduran diri saya sebagai Menteri Pertahanan,” tulisnya.

“Saat ada di pemerintahan, saya menentang pengiriman bantuan dari Qatar ke Gaza tersebut. Dan sekarang saya masih menentangnya,” imbuh Lieberman.

Lebih lanjut, Lieberman meminta PM Israel Benyamin Netanyahu untuk bersikap tegas terhadap Qatar salah satunya dengan menutup kran bantuan negara itu ke Gaza. Menurutnya, Qatar mendanai ‘kelompok teroris’ yang akan melenyapkan Israel.

Diketahui, Qatar telah mentransfer dana sebesar 30 juta dolar untuk Gerakan Perlawanan Islam (Hamas). Dana itu dikirim dalam dua tahap, yang pertama awal bulan lalu, dan yang kedua diberikan bulan ini. (whc/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...