Rashida Tlaib, Muslimah Pertama yang Berhasil Duduk di Kongres AS

Rashida Tlaib (kiri) dan Ilhan Omar (kanan). (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Washington. Rashida Tlaib secara resmi terpilih sebagai Muslimah pertama di DPR AS pada pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat Rabu, (07/11).

Rashida Tlaib adalah warga AS keturunan Palestina. Wanita 13 bersaudara ini lahir di negeri Paman Sam pada tahun 1976. Orang tuanya adalah imigran yang bekerja di perusahaan mobil Ford di negara bagian Michigan.

Kedua orang tua Rashida asli Palestina. Ayahnya lahir di Beit Hanina, al-Quds Timur, dan sempat tinggal di Nikaragua sebelum bermigrasi ke Michigan. Sementara ibunya, berasal dari desa Beit Oor al-Fawqa kota Ramallah, Tepi Barat.

Rashida berhasil menyabet gelar sarjana politik pada tahun 1998. Selanjutnya ia berhasil mendapat ijazah di bidang hukum pada tahun 2004. Ia sempat bergelut di bidang hukum sebagai pengacara sebelum kemudian terjun ke dunia politik melalui Partai Demokrat. Ia juga dikenal sebagai aktivis sosial dan lingkungan di Michigan.

Selain Rashida, Ilhan Omar juga berhasil menjadi Muslimah keturunan Amerika-Somalia pertama yang duduk di Kongres AS pada pemilihan paruh waktu tahun ini. Omar datang bersama orang tuanya ke AS sebagai pengungsi pada lebih dari dua dasawarsa lalu.

Omar maju melalui partai Demokrat di negara bagian Minnesota. (whc/dakwatuna)

Konten ini telah dimodifikasi pada 07/11/18 | 11:33 11:33

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...