Inggris Berterima Kasih kepada Turki

Bendera Inggris. (Anadolu)
dakwatuna.com – London. Pemerintah Inggris secara resmi menyampaikan terima kasih kepada Turki, Rabu (19/09). Ucapan terima kasih itu terkait dengan repon Turki terhadap krisis pengungsi Suriah dan upaya Ankara menjaga keamanan regional.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, ucapan tersebut disampaikan oleh Menteri Inggris urusan Timur Tengah, Alistair Burt, saat berkunjung ke Turki.

“Turki sangat penting dan sahabat lama bagi Inggris, aku senang dapat menyampaikan terima kasih atas nama Inggris kepada mitra kami di pemerintah Turki untuk perannya menjadi garda terdepan menanggulangi krisis pengungsi Suriah,” kata Alistair Burt.

Selain itu, Burt juga menyinggung soal kesepakatan antara Turki dan Rusia beberapa hari lalu. Menurutnya, implementasi dari kesepakatan tersebut mampu menghindari malapetaka kemanusiaan.

“Perjanjian ini, jika dilaksanakan sesuai dengan hukum humaniter internasional, akan membantu untuk menghindari bencana kemanusiaan,” katanya.

Selama di Turki, Burt bertemu dengan perwakilan pemerintah Turki untuk membahas upaya pencegahan bencana kemanusiaan di Idlib, Suriah. Ia juga melakukan kunjungan ke beberapa kota seperti Gaziantep, Istanbul dan Ankara.

Disebutkan, Burt mengadakan pertemuan dengan Ibrahim Kalin penasihat utama Presiden Recep Tayyip Erdogan, serta wakil menteri dalam negeri Ismail Çatakli. (whc/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...