Serangan Bom di Kawasan Wisata Mesir di Luxor

Serangan bom bunuh diri di kawasan wisata Luxor (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Mesir. Seorang pembom bunuh diri berupaya menyerang satu tujuan wisata terkenal di kota Luxor, Mesir Selatan, namun tidak ada turis yang menjadi korban dan dua pelakunya tewas.

Sebagaimana diberitakan BBC (10/6/2015), polisi menyebutkan tiga orang mencoba menerobos pagar Kuil Karnak di kota itu dan salah seorang sempat meledakkan diri sementara seorang tewas ditembak polisi dan satu lagi cedera.

Sumber di Kementerian Dalam Negeri Mesir menegaskan tidak ada turis yang cedera dalam serangan itu sementara dinas kesehatan setempat mengatakan dua polisi dan dua warga yang berada di sekitar tempat kejadian terluka.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Umumnya para wisatawan tidak menjadi sasaran serangan, walau jelas ini bukan serangan pertama yang tampaknya diarahkan ke kawasan yang dikunjungi banyak wisatawan asing.

Tahun lalu sebuah bom bunuh diri menghantam sebuah bus wisata di Semenanjung Sinai dan menewaskan dua warga Korea Selatan dan supirnya yang warga Mesir. Sebelumnya pada tahun 1997, kelompok militan Jihad Islami dituduh telah mendalangi serangan di Luxor, menewaskan lebih dari 60 orang, termasuk turis asing. (bbc/rem/dakwatuna)

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...