Amalan Sunnah Selama Bulan Ramadhan (Bag. Kedua)

Atas masjid benteng Shalahuddin, Mesir

dakwatuna.com โ€“ Berikut ini adalah amalan yang sesuai sunah Nabi, baik sunah qauliyah dan fiโ€™liyah yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadhan.

  1. Bersedekah

Nabi SAW. sebagai teladan kita telah mencontohkan akhlak yang luar biasa yaitu kedermawanan. Hal itu semakin menjadi-jadi ketika bulan Ramadhan.

Ibnu โ€˜Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma, menceritakan:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูˆูŽุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู… ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูุฏูŽุงุฑูุณูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ููŽู„ูŽุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽุฌู’ูˆูŽุฏู ุจูุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑูู‘ูŠุญู ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุณูŽู„ูŽุฉู

Nabi SAW. adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al-Quran bersamanya. Maka, Rasulullah SAW. benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus. (HR. Bukhari No. 3220)

  1. Memberikan makanan buat orang yang berbuka puasa

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ููŽุทูŽู‘ุฑูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ู‚ูุตู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง

Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR. At Tirmidzi No. 807, katanya: hasan shahih. Ahmad No. 21676, An-Nasaโ€™i dalam As Sunan Al-Kubra No. 3332. Al-Baihaqi dalam Syuโ€™abul Iman No. 3952. Dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ No. 6415. Syaikh Syuโ€™aib Al-Arnauth mengatakan: hasan lighairih. Lihat taโ€™liq Musnad Ahmad No. 21676, Al-Bazzar dalam Musnadnya No. 3775)

Para ulama berbeda pendapat tentang batasan โ€œmemberikan makanan untuk berbukaโ€. Sebagian menilai itu adalah makanan yang mengenyangkan selayaknya makanan yang wajar. Sebagian lain mengatakan bahwa hal itu sudah cukup walau memberikan satu butir kurma dan seteguk air. Pendapat yang lebih kuat adalah โ€“Wallahu Aโ€™lam- pendapat yang kedua, bahwa apa yang tertulis dalam hadits ini sudah mencukupi walau sekadar memberikan seteguk air minum dan sebutir kurma, sebab hal itu sudah cukup bagi seseorang dikatakan telah ifthar (berbuka puasa).

  1. Memperbanyak doa

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŒ ู„ูŽุง ุชูุฑูŽุฏูู‘ ุฏูŽุนู’ูˆูŽุชูู‡ูู…ู’ ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠููู’ุทูุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽุงุฏูู„ู ูˆูŽุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุธู’ู„ููˆู…

Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: 1. Doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, 2. Pemimpin yang adil, 3. Doa orang teraniaya. (HR. At Tirmidzi No. 2526, 3598, katanya: hasan. Ibnu Hibban No. 7387, Imam Ibnul Mulqin mengatakan: โ€œhadits ini shahih.โ€ Lihat Badrul Munir, 5/152. Dishahihkan oleh Imam Al-Baihaqi. Lihat Shahih Kunuz As sunnah An-Nabawiyah, 1/85. Sementara Syaikh Al-Albani mendhaifkannya. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 2526)

Berdoa di waktu berbuka puasa juga diajarkan oleh Nabi SAW. Berikut ini adalah doanya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุธูŽู‘ู…ูŽุฃู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽู„ูŽู‘ุชู’ ุงู„ู’ุนูุฑููˆู‚ู ูˆูŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฌู’ุฑู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู

โ€œAdalah Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, jika sedang berbuka puasa dia membaca: โ€œDzahaba Azh Zhamaโ€™u wab talatil โ€˜uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.โ€ (HR. Abu Daud No. 2357, Al-Baihaqi dalam As Sunan Al-Kubra No. 7922, Ad-Daruquthni, 2/185, katanya: โ€œisnadnya hasan.โ€ An-Nasaโ€™i dalam As sunan Al-Kubra No. 3329, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak No. 1536, katanya: โ€œShahih sesuai syarat Bukhari- Muslimโ€. Al-Bazzar No. 4395. Dihasankan Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ No. 4678)

Sedangkan doa berbuka puasa: Allahumma laka shumtu โ€ฆ dst, dengan berbagai macam versinya telah didhaifkan para ulama, baik yang dari jalur Muadz bin Zuhrah secara mursal, juga jalur Anas bin Malik, dan Ibnu Abbas. (Lihat Al-Hafizh Ibnu Hajar, At Talkhish Al-Habir, 2/444-445. Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, 1/62. Imam Abu Daud, Al-Maraasiil, 1/124, Imam Al-Haitsami, Majmaโ€™ Az Zawaid, 3/371. Syaikh Al-Albani juga mendhaifkan dalam berbagai kitabnya)

  1. Menyegerakan berbuka puasa

Dari โ€˜Amru bin Maimun Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ูƒุงู† ุฃุตุญุงุจ ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ุฃุนุฌู„ ุงู„ู†ุงุณ ุฅูุทุงุฑุง ูˆุฃุจุทุฃู‡ู… ุณุญูˆุฑุง

Para sahabat Muhammad SAW. adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya. (HR. Al-Baihaqi dalam As Sunan Al-Kubra No. 7916. Al-Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf No. 9025)

Imam An-Nawawi mengatakan: โ€œsanadnya shahih.โ€ (Lihat Al-Majmuโ€™ Syarh Al-Muhadzdzab, 6/362), begitu pula dishahihkan oleh Imam Ibnu Abdil Bar, bahkan menurutnya keshahihan hadits tentang bersegera buka puasa dan mengakhirkan sahur adalah mutawatir. (Lihat Imam Al-โ€˜Aini, โ€˜Umdatul Qari, 17/9. Imam Ibnu Hajar, Fathul Bari, 4/199)

  1. Iโ€™tikaf di โ€“ โ€˜asyrul awakhir

Dalilnya berdasarkan Al-Quran, As-Sunnah, dan Ijmaโ€™, yakni sebagai berikut:

ูˆูŽู„ุง ุชูุจูŽุงุดูุฑููˆู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุนูŽุงูƒููููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู

Janganlah kalian mencampuri mereka (Istri), sedang kalian sedang Iโ€™tikaf di masjid. (Al-Baqarah : 187)

Dari โ€˜Aisyah Radiallahu โ€˜Anha:

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูŽู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒููู ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูˆูŽุงุฎูุฑูŽ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽูˆูŽููŽู‘ุงู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุซูู…ูŽู‘ ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู‡ู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‡ู

Bahwasanya Nabi SAW. beriโ€™tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatka Allah, kemudian istri-istrinya pun Iโ€™tikaf setelah itu.ย (HR. Bukhari, No. 2026, Muslim No. 1171, Abu Daud No. 2462. Ahmad No. 24613, dan lainnya)

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽุนู’ุชูŽูƒููู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู…ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ู‚ูุจูุถูŽ ูููŠู‡ู ุงุนู’ุชูŽูƒูŽููŽ ุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง

Dahulu Nabi SAW. Iโ€™tikaf di setiap Ramadhan 10 hari, tatkala pada tahun beliau wafat, beliau Iโ€™tikaf 20 hari. (HR. Bukhari No. 694, Ahmad No. 8662, Ibnu Hibban No. 2228, Al-Baghawi No. 839, Abu Yaโ€™la No. 5843, Abu Nuโ€™aim dalam Akhbar Ashbahan, 2/53)

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menceritakan adanya ijmaโ€™ tentang syariat Iโ€™tikaf:

ูˆู‚ุฏ ุฃุฌู…ุน ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู…ุดุฑูˆุนุŒ ูู‚ุฏ ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุนุชูƒู ููŠ ูƒู„ ุฑู…ุถุงู† ุนุดุฑุฉ ุฃูŠุงู…ุŒ ูู„ู…ุง ูƒุงู† ุงู„ุนุงู… ุงู„ุฐูŠ ู‚ุจุถ ููŠู‡ ุงุนุชูƒู ุนุดุฑูŠู† ูŠูˆู…ุง.

Ulama telah ijmaโ€™ bahwa Iโ€™tikaf adalah disyariatkan, Nabi SAW. beriโ€™tikaf setiap Ramadhan 10 hari, dan 20 hari ketika tahun beliau wafat. (Fiqhus Sunnah, 1/475)

Hukumnya

Hukumnya adalah sunnah alias tidak wajib, kecuali Iโ€™tikaf karena nazar. Kesunahan ini juga berlaku bagi kaum wanita, dengan syarat aman dari fitnah, dan izin dari walinya, dan masjidnya kondusif.

Imam Asy-Syaukani Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‚ุฏ ูˆู‚ุน ุงู„ุฅุฌู…ุงุน ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุจูˆุงุฌุจ ุŒ ูˆุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุฅู„ุง ููŠ ู…ุณุฌุฏ

Telah terjadi ijmaโ€™ bahwa Iโ€™tikaf bukan kewajiban, dan bahwa dia tidak bisa dilaksanakan kecuali di masjid. (Fathul Qadir, 1/245)

Namun jika ada seorang yang bernazar untuk beriโ€™tikaf, maka wajib baginya beriโ€™tikaf.

Khadimus Sunnah Asy Syaikh Sayyid Sabiq mengatakan:

ุงู„ุงุนุชูƒุงู ูŠู†ู‚ุณู… ุฅู„ู‰ ู…ุณู†ูˆู† ูˆุฅู„ู‰ ูˆุงุฌุจุŒ ูุงู„ู…ุณู†ูˆู† ู…ุง ุชุทูˆุน ุจู‡ ุงู„ู…ุณู„ู… ุชู‚ุฑุจุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆุทู„ุจุง ู„ุซูˆุงุจู‡ุŒ ูˆุงู‚ุชุฏุงุก ุจุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ูˆุงุช ุงู„ู„ู‡ ูˆุณู„ุงู…ู‡ ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆูŠุชุฃูƒุฏ ุฐู„ูƒ ููŠ ุงู„ุนุดุฑ ุงู„ุงูˆุงุฎุฑ ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ู„ู…ุง ุชู‚ุฏู…ุŒ ูˆุงู„ุงุนุชูƒุงู ุงู„ูˆุงุฌุจ ู…ุง ุฃูˆุฌุจู‡ ุงู„ู…ุฑุก ุนู„ู‰ ู†ูุณู‡ุŒ ุฅู…ุง ุจุงู„ู†ุฐุฑ ุงู„ู…ุทู„ู‚ุŒ ู…ุซู„ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„: ู„ู„ู‡ ุนู„ูŠ ุฃู† ุฃุนุชูƒู ูƒุฐุงุŒ ุฃูˆ ุจุงู„ู†ุฐุฑ ุงู„ู…ุนู„ู‚ ูƒู‚ูˆู„ู‡: ุฅู† ุดูุง ุงู„ู„ู‡ ู…ุฑูŠุถูŠ ู„ุงุนุชูƒูู† ูƒุฐุง.

ูˆููŠ ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„: โ€ ู…ู† ู†ุฐุฑ ุฃู† ูŠุทูŠุน ุงู„ู„ู‡ ูู„ูŠุทุนู‡ โ€œ

Iโ€™tikaf terbagi menjadi dua bagian; sunah dan wajib. Iโ€™tikaf sunah adalah Iโ€™tikaf yang dilakukan secara suka rela oleh seorang muslim dalam rangka taqarrub ilallahi (mendekatkan diri kepada Allah), dalam rangka mencari pahala-Nya dan mengikuti sunah Rasulullah SAW. Hal itu ditekankan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sebagaimana penjelasan sebelumnya.

Iโ€™tikaf wajib adalah apa-apa yang diwajibkan seseorang atas dirinya sendiri, baik karena nazar secara mutlak, seperti perkataan: wajib atasku untuk beriโ€™tikaf sekian karena Allah. Atau karena nazar yang muโ€™alaq (terkait dengan sesuatu), seperti perkataan: jika Allah menyembuhkan penyakitku saya akan Iโ€™tikaf sekian ..

Dalam shahih Bukhari disebutkan, bahwa Nabi SAW. bersabda: โ€œBarang siapa yang bernadzar untuk mentaati Allah maka taatilah (tunaikanlah).โ€ (Fiqhus Sunnah, 1/475)

bersambungโ€ฆ.

Konten ini telah dimodifikasi pada 20/06/13 | 09:47 09:47

Lahir di Jakarta, Juni 1978. Alumni S1 Sastra Arab UI Depok (1996 - 2000). Pengajar di Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri sejak tahun 1999, dan seorang muballigh. Juga pengisi majelis ta'lim di beberapa masjid, dan perkantoran. Pernah juga tugas dakwah di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, selama dua tahun. Tinggal di Depok, Jawa Barat.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...