Topic Archives: Waktu

Nilai Waktu

Sering sekali Tuhan mengingatkan kita dalam Kitab-Nya yang Mulia bahwasanya, pergantian siang dan malam merupakan komponen awal dan akhir dari pada nikmat. Namun, hanya orang-orang yang berfikirlah yang sadar akan kebesaran nikmat tersebut. Antara lain, Tuhan berfirman di dalam surah; an-Nahal:12, al-Isra:12, Fushshilat: 37 dan al-An’am: 13.

Baca selengkapnya »

Sudahkah Kita Menghargai Waktu?

Wahai  Ramadhan yang tinggal sebentar lagi, engkau kini nyaris di penghujung waktu. Ya Allah, izinkan kami memanfaatkan waktu mustajab dari-Mu. Mencari berkah di setiap kesempatan emas, bersimpuh merayu-Mu. Bermunajat lirih memanjatkan segenap harapan, demi menggapai ridha-Mu. Ya Allah, berkahilah tiap detik waktu kita, kami, dia dan mereka. Lapangkanlah, jangan persempit. Sungguh, nikmat waktu dari Mu, anugerah bagi kami.

Baca selengkapnya »

Urgensi Waktu Dalam Kehidupan

Pemanfaatan waktu harus digunakan dengan sebaik mungkin agar waktu tersebut menjadi bermanfaat dan dapat menambah amal kebaikan bagi kita semua. Menjadi baik atau jahat adalah suatu pilihan hidup. Semua itu dapat dilihat dari bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu kita dan berpikir sebelum bertindak agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Baca selengkapnya »

Khutbah Jum’at: Urgensi Waktu dalam Islam

marilah kita bangkit mulai dari sekarang untuk mengisi kehidupan ini dengan berbagai kegiatan positif. Seperti ibadah, membaca, bertasbih, menelaah sebuah buku, menulis, merapikan meja kerja, atau memberi hal yang berguna bagi orang lain. Maka insya Allah kebahagiaan akan kita peroleh. Apa yang harus dilakukan? Membaca merupakan salah satu jawabannya. Baik itu membaca Alquran, kitab-kitab hadits, buku-buku ilmu pengetahuan dan motivasi, sampai membaca situasi kehidupan di sekeliling kita. Sehingga dengan begitu, waktu luang tidak akan terlewati dengan percuma.

Baca selengkapnya »

Meraih Keberkahan di Setiap Detik Waktu

Maka mari jadikan bulan Rajab ini sebagai momentum untuk meniti setiap detik waktu dengan beramal shalih. Yuk rebut peluang tersebut dengan mengisi setiap detik hari dengan beragam kebaikan dan amal terbaik agar kita beroleh keberkahan di setiap detiknya. Demikianlah betapa pentingnya sang waktu sampai-sampai Allah bersumpah dalam Alquran dengan satuan-satuan waktu yang lebih detail. Seperti dalam surah Al Fajr, Ad dhuha, Al Lail dan Al ‘ashr.

Baca selengkapnya »

Risalah Sang Waktu

Jam akan terus berdetak, waktu akan terus berjalan, dan ia terus menuntut manusia untuk melakukan perbaikan. Kesalahan apapun yang kita lakukan hari ini, yakinkan dan pastikan tidak akan kembali terulang di masa-masa yang akan datang. Kita tidak boleh jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya. Camkan dalam diri kita, “saya harus berubah 1% lebih baik dari kemarin”. Setiap detik yang kita lewati adalah umur kita, maka pergunakan waktu yang masih tersisa dengan sebaik-baiknya. Waktu tidak pernah ada untuk menunggu, ia juga tidak akan pernah ada untuk mengulang masa lalu.

Baca selengkapnya »

Waktu; Evaluasi dari Perjalanannya

Karena kita tidak pernah tahu berapa “jatah” waktu kita hidup yang diberikan oleh Allah swt. Karena kita tidak pernah tahu kapan ruh kita akan berpisah dengan jasad kita. Maka marilah senantiasa kita mengisi waktu yang kita miliki untuk meningkatkan keimanan, amal shalih dan memberikan kontribusi terbaik kita dalam aktivitas dakwah serta sabar dan konsisten dalam menjalankan hal – hal tersebut.

Baca selengkapnya »

Raih Kesempatan dan Bunuhlah Waktumu

Ingatlah sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali mereka mereka yang beriman dan melakukan amal-amal shalih, saling menasihati dalam kebaikan dan saling menasihati dalam kesabaran. Pergunakanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, mudamu sebelum tuamu, lapangmu sebelum sempitmu, hidupmu sebelum matimu.

Baca selengkapnya »

Mari Sejenak Kita Merenung Tentang Waktu

Hidup tidak akan bermakna jika tidak ada waktu, untuk itu jangan sekali-kali kita menyia-nyiakan waktu, karena menyia-nyiakan waktu sama saja kita menyia-nyiakan umur dan kehidupan kita. Imam Al-Hasan Al-Basri berkata “Wahai Bani Adam (manusia), sesungguhnya anda hanyalah kumpulan hari-hari, maka jika hari-hari telah berlalu berarti telah berlalu sebagian dirimu”.

Baca selengkapnya »