Topic Archives: Umat Islam

Kondisi Umat Islam di Era Globalisasi

Gaya hidup zaman dahulu jauh berbeda dengan gaya hidup zaman sekarang dengan tujuan bukan hanya memodernisasikan tapi ada tujuan lain yaitu ingin menghancurkan Islam. Secara sepintas dengan adanya handpone, motor dan berbagai teknologi canggih lainnya sangat membantu dan sangat berpengaruh bagi kehidupan. Namun di sisi lain dengan maraknya teknologi kejahatan bertebaran dimana-mana, pembunuhan seakan menjadi profesi, zina menjadi aktifitas sehari-hari, kasus kriminal kian menjadi solusi.

Baca selengkapnya »

Mengapa Pemerintah Selalu Mengusik Umat Islam?

Saya hanya ingin bilang kepada pemerintah, tidak usah melempar isu sensitif apalagi tidak strategis dan akan memecah belah, fokus saja pada program strategis, seorang wapres tidak usahlah mengurus kaset mesjid, pikirkan sesuatu yang lebih besar, toh selama ini tidak ada masalah berarti dari dampak pemutaran pengajian di mesjid itu. Belakangan ini saja ada yang mengatakan itu polusi udara.

Baca selengkapnya »

Menjadi Muslim Dalam Persaingan Global

Menjadi muslim global adalah jawaban untuk menghimpun kekuatan dan menjawab tantangan dunia hari ini. Hari ini dunia kembali menunggu sejarah yang akan digoreskan tinta emas oleh Umat Islam. Sebagaimana sejarah pernah menunjukkan pada kita, Islam sebagai agama yang tersebar dihampir dua pertiga lapisan dunia. Menjadi cahaya kegemilangan yang menerangi dunia dengan kebenaran, ilmu dan juga hikmah di dalamnya.

Baca selengkapnya »

Sarana Pemersatu Umat Islam

Suatu ikatan. Ikatan yang tidak mengenal batas-batas adminstratif. Ikatan yang tidak berbatas waktu, tempat, maupun bahasa. Ikatan yang tidak membedakan asal suku bangsa. Ikatan yang hanya memiliki satu tali yang sangat kokoh, aqidah. Ya, itulah ikatan aqidah, ikatan karena Allah semata. Ukhuwah Islamiyah.

Baca selengkapnya »

Mengapa Umat Islam Terpuruk?

Doa-doa, jargon, bahkan teriakan takbir kita tak menggetarkan musuh-musuh Islam. Karena kita tidak memiliki sebab-sebab yang mampu menopang kita menjadi pemenang. Kita alergi dengan apapun yang datang dari Barat. Tapi kita tak mampu menampilkan diri sebagai yang terbaik. Umat Islam generasi awal tidak alergi dengan model Persia saat menggali parit di perang Khandaq. Juga tidak menolak menggunakan Manjaniq yang merupakan senjata Romawi saat menaklukkan Thaif. Pun memanfaatkan orang munafik benama Shafwan bin Umayyah untuk memerangi Hawazin. Sementara kita?

Baca selengkapnya »

Umat Islam, Kalian Bagaikan Bus

Musuh-musuh Islam tidak pernah melihat kita sebagai tubuh yang berbeda. Kita bagaikan bus yang saling menyambungkan perjalanan seorang muslim. Berkhianat terhadap sesama muslim untuk mendapatkan keamanan dari musuh-musuh islam adalah tindakan bodoh. Sejarah membuktikan kisah para pengkhianat yang pada akhirnya tetap binasa bersama rasa aman yang fana.

Baca selengkapnya »

Merefleksikan Kondisi Umat Islam Kekinian

Permasalahan umat saat ini jika kita pikirkan dengan seksama tidak pernah kunjung habis. Bertubi-tubi tiap hari tiap waktu timbul permasalahan baru. Permasalahan satu belum selesai sudah muncul permasalahan baru yang menutupi. Sungguh miris ketika kita renungkan kembali, karena bangsa yang sangat terkenal dengan jumlah penduduknya yang mayoritas muslim ini tidak bisa menyelesaikan permasalahan bangsa yang ada.

Baca selengkapnya »