Topic

Topic Archives: Ujian Hidup

Bukan Cermin Retak

Hanyalah hati yang bertakwa dengan keimanan yang kiat yang mampu bertahan dari kesedihan. Karena dalam rukun iman, kita sudah berjanji bahwa kita akan beriman pada segala takdir Allah, baik yang mengecewakan maupun yang menyenangkan. Takdir Allah tentu berada di depan kita, jangan sampai kesedihan kita membuat kita melampaui takdir Allah. Ingatlah bahwa ini beban yang sebenarnya adalah anugrah terindah, jiwamu terpanggil untuk menyeru. Jiwamu terpanggil dalam gelisah. Berdoalah padanya untuk menjadikanmu istiqomah dalam dakwah. Sebab hanya denganNya kegelisahan akan menjadi kejernihan.

Baca selengkapnya »

Kisah Ketabahan Nenek Pemungut Sampah Ibu Kota

Sebelum dia berpisah dia berpesan pada saya. "Anakku, kau masih muda, jadilah anak yang membanggakan orang tua, jangan lupa kau doakan mereka, dan jangan sampai kau meninggalkan ibadahmu selamanya". Akupun menyempatkan diri untuk mencium tangannya. Akhirnya kami berpisah dan sampai sekarang aku tak bertemu lagi dengannya. Sungguh pertemuan sore itu membuat diriku sadar, bahwa selagi ada Allah di hati kita maka janganlah kau takut kepada dunia, karena dunia adalah ciptaan-Nya, Dia Maha Kaya, Dialah pengatur rezeki hamba-Nya.

Baca selengkapnya »

Menyiasati Ujian Hidup

Di sisi lain, ketika niat sudah di canangkan, maka musuh abadi manusia (setan) tidak akan tinggal diam. Jika niat yang dicanangkan baik, maka setan akan berusaha keras untuk menghalangi agar niat itu tidak dijalankan. Pertama manusia akan dibuat was-was, bimbang, dan ragu. Setelah itu akan dimasukkan rasa malas, dan akhirnya ditanamkan rasa takut. Semua perasaan tersebut akan membuat seseorang menunda atau bahkan membatalkan niat baiknya.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization