Topic Archives: Tilawah Al-Qur'an

Semakin Cinta untuk Tilawah Al-Quran

"Dan sungguh telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?". (Al-Qamar: 17, 22, 32 dan 40) Ternyata kandungan makna di atas sering kali berulang dalam surah Al-Qamar pada surah ke-54 ayat 17, 22, 32 dan 40. Jadi malu rasanya ketika tilawah Qur’an terkadang saya hanya membacanya saja tanpa dapat mengambil pelajaran yang Allah terangkan di dalam ayat-ayat cinta-Nya.

Baca selengkapnya »

Obat Anti Galau: ODOJ

Sore di koridor sebuah rumah sakit. Saya berjalan gontai menyeret langkah. Di sebelah kiri adalah bangsal infeksi, tempat anak-anak dengan penyakit-penyakit infeksi akut dirawat. Biasanya bangsal ini ramai dengan pasien demam berdarah, diare, demam tifoid dan infeksi lainnya.

Baca selengkapnya »

Bukan Tahsin Al-Quran Tapi Tahsin Tilawah

Kata Tahsin ( تَحْسِيْنٌ ) dalam Bahasa Arab berasal dari kata ( حَسَّنَ ــ يُحَسِّنُ ــ تَحْسِيْنًا ) yang maknanya kurang lebih “memperbaiki, memperindah, mempercantik”. Kata ini merupakan turunan dari kata dasar ( حَسُنَ ــ يَحْسُنُ ــ حُسْنًا ) yang artinya “bagus, baik, cantik”. Contoh paling baik adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika kita bercermin:

Baca selengkapnya »

ODOJ, Keisengan yang Berujung Ketagihan

Rasa malu menghampiri diri, ketika ‘jatah’ ngaji harus dilelang karena tak sanggup memenuhi target ‘jatah sendiri’. Malu pada diri, meskipun lelang hanya sekali dua-kali. Di sinilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Dan ternyata baru saya sadari, dari keisengan di tempo hari, berujung ketagihan ber-ODOJ hingga hari ini, (dan semoga) hingga akhir hayat nanti, Insya Allah.

Baca selengkapnya »
Organization