Topic Archives: Tarbiyah Islamiyah

Aku Anak Mentoring, Kini dan Nanti

Ibarat sebuah bangunan mentoring keislaman menjadi pondasi kaderisasi bagi mahasiswa, khususnya di sekolah-sekolah Islam. Apabila sebuah mentoring berjalan dengan tidak sehat, maka bisa jadi kegiatan-kegiatan yang ada di kampus atau sekolah-sekolah jauh dari nilai Islam. Apa penyebab ketidaksehatan sebuah kelompok mentoring? Hal ini sangat perlu dibahas dan dicarikan solusinya agar semua aspek yang ada di kampus mengandung syariat-syariat Islam yang wajib kita tegakkan.

Baca selengkapnya »

Wahai Ikhwah, Hidupkan Halaqahmu…

Jadi, ikhwah fillah, dalam halaqah tarbiyah ada konsolidasi hati, ada konsolidasi ruhi, ada konsolidasi fikri, ada konsolidasi jasadi, ada konsolidasi amali, dan ada konsolidasi tarbawi. Maka, hindari untuk menyendiri. Tak hadir liqo berturut-turut beberapa kali, apalagi tanpa informasi tanpa uzur syar’i. Halaqah bukanlah majelis taklim dimana “...kau datang dan pergi sesuka hatimu...”. Tapi, kita harus selalu dan selalu konsolidasi. Harus selalu dan selalu terkoordinasi. Hingga dakwah ini benar-benar mencapai ustadziyatul ‘alam.

Baca selengkapnya »

Muhammad bin Wasi’, Murabbi yang Rabbani

Di antara tokoh ulama dan murabbi terbaik pada masa tabiin adalah Muhammad bin Wasi’. Nama lengkap beliau Muhammad bin Wasi’ bin Jabir bin Akhnas, imam rabbani, sang teladan, Abu Bakar al-Azdi al-Bashri. Muhammad bin Wasi’ adalah seorang imam rabbani, perawi hadis yang terpercaya, panutan dan tokoh ulama tabiin dari Bashrah, integritas ilmu dan keshalihannya sudah diakui oleh ulama di zamannya maupun generasi setelahnya.

Baca selengkapnya »

Aku, Tarbiyah, dan Dakwah Kampus

Memaknai proses tarbiyah dan mendapatkan kepahaman akan prosesnya tidak didapat hanya karena menginginkannya, apalagi untung-untungan. Jika sudah merasa mampu memaknai proses tarbiyah –yang tentu saja, tercermin dalam akhlak (karena akhlak adalah buah dari iman), maka itu adalah sebuah nikmat tersendiri dari Allah bagi hamba-hamba-Nya yang haus akan hidayah. Murabbi saya selalu mengatakan bahwa memaknai, pemaknaan, memahami, dan pemahaman adalah sebuah nikmat tersendiri yang tidak semua orang dapat. Lagi-lagi, hidayah adalah privilage Allah semata. Pun pemaknaan dan pemahaman juga bisa dibilang suatu hidayah.

Baca selengkapnya »

Mentoringku Metamorfosisku

Ingatlah pertolongan Allah itu sangat dekat. “ Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu “ (QS 47: 7). Terlalu banyak kisah inspiratif yang bisa mengilhami semangat kita dalam menapaki jejak peradaban ini, membangun batubata tarbiyah yang kokoh. Sosok pemuda mulai dari Mush’ab bin Umair yang sangat saya kagumi, Abdurahman bin Auf, Sang Penakhluk Muhammad Al Fatih, Hasan Al Banna, M Anis Matta, bahkan bisa kita temukan pemuda-pemuda disekitar kita yang sukses meraih dunia dan akhiratnya berkat proses dari metamorfosis tarbiyah metamorfosis mentoring.

Baca selengkapnya »

Indahnya Tarbiyah

Dalam lingkaran ini selain penyampaian materi dan diskusi juga ada sesi curhat-curhatan.. dalam sesi ini ketika teman-teman mengeluarkan uneg-unegnya mereka semua menangis menceritakan berbgai masalahnya, apakah itu masalah keluarga, Ikhwan/cowok, atau teman sendiri dll. Awalnya hal itu merupakan suatu kebodohan tetapi tidak karena dengan mengeluarkan uneg-uneg itu maka banyak solusi yang ditemukan dalam permasalahan yang dihadapi seorang kader dan tentunya solusi itu dari Allah Swt.

Baca selengkapnya »

Liqa Adalah Tentang Prioritas

Liqa dengan keadaan murobbi tidak siap juga bukan pilihan yang baik, karena salah satu tujuan orang mengikuti liqa adalah untuk menambah pengetahuan. Ketika pengetahuan yang diberikan tidak dipersiapkan dengan baik, maka tidak akan ada ilmu yang dapat diserap. Oleh karena itu, agenda liqa harus dijadwalkan dengan baik dan setiap orang yang ada di dalam aktivitas liqa harus berkomitmen untuk datang dan menjaga jadwal liqa agar tidak terganggu aktivitas lain. Selain itu materi liqa juga harus dipersiapkan dengan baik agar tujuan liqa untuk menambah pengetahuan dapat tercapai dengan baik.

Baca selengkapnya »
Organization