Topic Archives: Sukuk

Ekonomi Islam Mengawal Pembangunan Indonesia di Tahun 2017

Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi langsung dalam pembangunan sekaligus memperoleh imbalan investasi yang menguntungkan dengan menjadi investor Sukuk Ritel. Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi yang diterbitkan Pemerintah di pasar perdana, khusus untuk Warga Negara Indonesia. Calon investor dapat membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah. Hampir seluruh bank besar, termasuk didalamnya yaitu bank syariah telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dapat membeli Sukuk Ritel.

Baca selengkapnya »

Lelang Sukuk Negara Serap Dana Rp645 Miliar

Pemerintah menyerap dana Rp645 miliar dari lelang lima seri sukuk atau surat berharga syariah negara pada Selasa, sedangkan penawaran yang masuk mencapai Rp1,86 triliun. Keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa, menyebutkan jumlah dimenangkan Rp645 miliar hanya berasal dari satu seri yaitu PBS004. Sementara untuk seri SPNS03102013, PBS001 PBS003 dan PBS005 tidak ada yang dimenangkan.

Baca selengkapnya »

Pemerintah Akan Lelang Sukuk Rp1,5 Triliun Pada 5 Maret

Pemerintah pada 5 Maret 2013 akan melelang sukuk negara atau surat berharga syariah negara (SBSN) dengan target indikatif Rp1,5 triliun untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan APBN 2013. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Yudi Pramadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan terdapat lima seri sukuk negara yang akan dilelang.

Baca selengkapnya »

Pemerintah Dubai Berencana Terbitkan Obligasi Berbasis Syariah US$1 Miliar

Pemerintah Dubai berencana menerbitkan obligasi berbasis syariah senilai US$1 miliar dan menggandeng lima bank sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. Menurut seorang sumber, kelima bank yang terpilih sebagai underwriter sukuk tersebut adalah HSBC Holdings Plc, Standard Chartered Plc, Emirates NBD PJSC, Dubai Islamic Bank PJSC, dan National Bank of Abu Dhabi PJSC.

Baca selengkapnya »

Pemerintah Peroleh Rp913 M dari Penerbitan Sukuk

Pemerintah kembali menambah utang melalui penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara. Dari lelang tersebut, pemerintah berhasil mendapatkan tambahan dana senilai Rp913 miliar. Adapun seri yang dilelang, adalah seri SPN-S 30042013 (new issuance), PBS001 (reopening), PBS002 (reopening), PBS003 (reopening), dan PBS004 (reopening) melalui sistem pelelangan Bank Indonesia (BI).

Baca selengkapnya »

Pemerintah Jual Sukuk Rp 631 Miliar

Melalui lelang surat berharga syariah negara (SBSN), Pemerintah menjual sukuk negara sebesar Rp 631 miliar. Hal itu dilakukan (SBSN) untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2012. Keterangan pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Rabu (3/10) menyebutkan, lelang penjualan lima seri sukuk negara dilaksanakan pada Selasa (2/10) dengan jumlah penawaran yang masuk mencapai Rp 1,4 triliun.

Baca selengkapnya »

Pemerintah Rencana Lelang Sukuk 22 Mei

Pemerintah akan melakukan lelang penjualan empat seri surat berharga syariah negara (SBSN) atau sukuk negara berbasis proyek dengan target indikatif Rp1 triliun pada 22 Mei 2012. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan penjualan obligasi negara itu untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2012.

Baca selengkapnya »