Topic
Home /

Topic Archives: pujian

Pujian, Madu atau Racun?

Kehati-hatian Rasulullah dalam memberikan pujian tentunya beralasan, pujian dapat menjadi racun bagi hati seseorang dan menjauhkannya dari keikhlasan. Ketika hati kita mulai gandrung akan pujian, maka setiap amal yang kita lakukan hanya akan menjadi amalan sia-sia, amalan riya’ yang bukannya diniatkan untuk Allah tapi untuk memperoleh pujian orang lain. Shalat yang biasanya dilakukan dalam waktu 5 menit, mendadak menjadi sangat khusyuk dan lama ketika shalat kita dilihat orang lain merupakan contoh sederhana bagaimana riya’ dapat merusak ibadah kita.

Baca selengkapnya »

Pujian, Berupa Madu atau Racun?

Pujian dapat menjadi racun bagi hati seseorang dan menjauhkannya dari keikhlasan. Ketika hati kita mulai gandrung akan pujian, maka setiap amal yang kita lakukan hanya akan menjadi amalan sia-sia, amalan riya’ yang bukannya diniatkan untuk Allah tapi untuk memperoleh pujian orang lain. Shalat yang biasanya dilakukan dalam waktu 5 menit, mendadak menjadi sangat khusyuk dan lama ketika shalat kita dilihat orang lain merupakan contoh sederhana bagaimana riya’ dapat merusak ibadah kita.

Baca selengkapnya »

Pujilah Seseorang yang Halal Baginya

Terkadang manusia menyikapi pujian beraneka ragam. Ada yang merasa bangga tiada tara, ada juga yang membuat manusia kebingungan dan disikapi biasa-biasa saja. Biasanya orang yang berilmu dan memiliki agama, ketika mendapat pujian lebih sering merendahkan diri dan malu karena merasa masih banyak aib-aib yang menempel dalam jiwanya, hanya saja Allah selalu menutup aib tersebut sehingga terlihat baik dihadapan manusia. Berharap kita termasuk kategori orang yang biasa-biasa saja ketika mendapat pujian bukan sebaliknya malah bersikap sombong maupun bertepuk dada sebab diatas langit masih ada langit kan?

Baca selengkapnya »
Organization