Topic

Topic Archives: Perjuangan Hidup

Akhir Dari Sebuah Awal

“Apa Pak Bayu akan kembali?” ibu ibu lain menimpali Wargaku mulai merasa kehilangan Bayu yang hampir selesai masa tugasnya. Tanpa Bayu siapa yang akan peduli dengan warga desa pesisir pantai ini, siapa yang akan beri anak anak alat sekolah, siapa yang akan datangkan sapi qurban kesini dan siapa yang akan mengurus paud dan berderet siapa siapa lainnya. “In Syaa Allah jika ada kesempatan lagi”

Baca selengkapnya »

Sukma yang Istimewa

hingga saat ini aku belum bisa mendapatkan cara yang tepat untuk mengajak Sukma belajar menulis bersamaku. Di hati ini seakan timbul harapan terbesar untuk Sukma. Di beberapa bulan sisa pengabdianku di tanah Banten ini, aku ingin Sukma bisa calistung (membaca, menulis dan berhitung) dan bergabung kembali ke sekolah sehingga akan lahir Sukma baru yang mampu menghapuskan semua gelar “kebodohan” yang melekat di dirinya. Bahkan semua ini adalah sebuah keharusan yang harus kujalani tidak hanya sebatas keinginan yang terpendam dalam kesibukan.

Baca selengkapnya »

Perjuangan Hidup Janitra

Kini, suamiku telah mengerti akan arti emansipasi wanita, memahami betul bahwa wanita pula memiliki hak yang sederajat dengan lelaki. Setelah aku memberikan seluruh uang hasil jerih payahku sebagai editor dan penulis buku selama lima tahun terakhir ini untuk melunasi hutang suami terhadap perusahaan. Dalam buku-buku yang telah aku terbitkan tak satu pun tertulis namaku, hanya satu huruf yaitu “J” yang amat membingungkan para pembaca. Semua ini demi merahasiakannya kepada suamiku. Namun saat ini aku tidak hidup dengan belenggu harus merahasiakan pekerjaanku lagi dari suami. Sekarang dia sangat mendukung karir dan pekerjaanku. Aku berhasil menggapai impian-impianku yang telah lama bergelantungan.

Baca selengkapnya »

Turut Membantu Ekonomi Keluarga, Bocah Kelas IV SD Berjualan Kue di Sekolah

Desakan ekonomi mengharuskan Tini untuk turut membantu orang tua memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari, pekerjaan yang bisa dilakukan Tini adalah menjual kue di sekolah, sebelum masuk kelas ia biasanya duduk di depan kelas sambil memangku kue dagangannya, tidak jarang dia datang ke sekolah lebih awal, sisa waktu sebelum masuk kelas dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjajakan kue jualannya, namun jika jualannya masih tersisa terkadang dia kembali duduk pada jam istirahat di tempat yang sama sambil di kelilingi teman-teman sekelasnya.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization