Topic Archives: percaya diri

Melihat Kondisi Pendidikan di Perbatasan: Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak Negeri Melalui Kegiatan Edukatif

Tuntutan kurikulum yang sangat banyak membuat guru cukup tersibukkan dengan administrasi-administrasi yang harus dipersiapkan. Sehingga banyak guru yang kehilangan idealismenya dalam mengembangkan pendidikan karena hal tersebut. Guru yang awalnya menikmati suasana pembelajaran, karena banyaknya administrasi yang harus dipersiapkan, yang pada akhirnya membuat jenuh guru tersebut. Guru hanya memenuhi tuntutan kurikulum saja, tanpa bisa mengembangkan dan meningkatkan potensi dari setiap peserta didik.

Baca selengkapnya »

Anak Bisa Percaya Diri, Bagaimana Cara Melatihnya?

Berdasarkan kamus Bimbingan dan Konseling, percaya diri merupakan kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, maka akan sering menutup diri. Untuk menumbuhkan percaya diri pada anak memang butuh proses, bukan hal sulit namun juga tak bisa dibilang sebagai hal yang mudah. Proses penumbuhan percaya diri ini semata-mata tidak hanya menjadi tanggung jawab guru akan tetapi didikan orang tua juga punya andil besar.

Baca selengkapnya »

Apa Itu Percaya Diri?

Apa-apa yang telah berhasil kita lakukan dan apa-apa yang tidak berhasil kita lakukan akan memberikan gambaran tentang di mana letak kelebihan dan kelemahan kita. Mengenali diri mestilah harus melewati tahap memahami apa kelebihan dan kelemahan diri. Tentunya tidak gampang menemukan di mana letak kelebihan dan kelemahan diri itu. Mengetahui apa minat atau bakat adalah salah satu tanda bahwa kita paham di mana sisi kemampuan kita. Terkadang ada sulitnya menemukan apa saja yang menjadi keahlian kita, namun jangan khawatir, keterlibatan kita dalam kegiatan organisasi atau di luar rutinitas normal seperti bekerja ataupun sekolah akan sangat membantu sekali penumbuhan potensi dalam diri kita.

Baca selengkapnya »
Organization