Topic Archives: pengorbanan

Iman Butuh Pengorbanan

Hijrah membawa pesan bahwa untuk menyempurnakan dan mempertahankan iman kadang kala dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Pengorbanan dengan keragaman bentuknya, seperti; pengorbanan pikiran, tenaga, waktu, harta, bahkan jiwa. Ketika Rasulullah hendak berangkat hijrah beliau berbicara kepada kota Mekah, sebagaimana dituliskan dalam Sunan Imam Tirmidzi dan Musnad Imam Ahmad.

Baca selengkapnya »

Nasihat Kokom

Ilustrasi. (Foto: rawmavy.deviantart.com)

“Jika itu menjadi jalan keridhaan Allah, kenapa aku harus merasa sakit? Kau, berhati-hatilah dalam menjemput jodohmu. Mintalah Allah selalu membimbingmu. Dan selalu ingat, menikahlah karena Tuhanmu, agar kau kuat menghadapi badai rumah tanggamu. Dan jangan kau terlalu mencintai pasanganmu, karena itu akan menjadikanmu merasa sakit menerima ketetapan Tuhan untukmu. Sebaik-baik cinta, hanya cinta kepada Tuhanmu"

Baca selengkapnya »

Kesempurnaan yang Menuntut Pengorbanan

Di manapun manusia itu berada, selama kita selalu berusaha meluruskan niat demi mencari keridhaan Allah dan selalu berikhtiar memperbaiki diri walaupun kita harus terus bergerak melakukan perubahan serta keluar dari zona nyaman kita sebelumnya, insya Allah pertolongan Allah amatlah dekat dan nyata, bahkan melalui hal-hal yang tidak terduga sekalipun. Karena sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan, persis seperti firman Allah dalam Surah Al Insyirah dengan dua kali penegasan, yaitu ayat ke-5 dan ayat ke-6 dari kalam Allah tersebut.

Baca selengkapnya »
Organization