Topic Archives: Pemberantasan Terorisme

Wahabi dan Deradikalisasi

Jadi, mengapa harus ada “deradikalisasi”? Term ini mengacu kepada penanggulangan terorisme yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meliputi pencegahan dan perbaikan, yang mengandaikan adanya tindakan radikal dari para pelaku teroris.

Baca selengkapnya »

Muhammadiyah dan Kasus Siyono, antara Jebakan dan Peluang

Upaya yang dilakukan Muhammadiyah ini sekaligus juga merupakan peluang, sejauh mana Muhammadiyah bisa memainkan peran secara apik menyangkut persoalan bangsa. Serupa dengan yang dilakukan NU ketika berhadapan dengan upaya marjinalisasi, kemudian keluar dari zona tersebut dan mengambil alih posisi dominan yang dipegang Muhammadiyah sejak masa pergerakan kemerdekaan hingga akhir Orde Baru. Peran untuk menempatkan diri pada perputaran roda zaman, antara naik dan tergilas.

Baca selengkapnya »

Polri Pertanyakan HAM Yang Dilanggar Densus 88

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar sepakat bahwa dalam menegakkan hukum harus menghormati HAM, dan menegakkan HAM harus menegakkan hukum. "HAM yang dimaksud dilanggar Polri itu HAM seperti apa? Karena kalau diteliti satu-satu, kerja polri merampas HAM orang, menahan orang. Mau tidak mau tersentuh itu (HAM)," kata Boy di kantor Komisi Hukum Nasional (KHN), Rabu (13/3).

Baca selengkapnya »

Hasyim Muzadi: Tidak Adil, Ekstrem Kanan Dihadapi Dengan Senjata, Ekstrem Kiri Dihadapi Dengan Sangat Lunak

"Ekstrem kanan dihadapi dengan senjata, pada saat yang sama ektrem kiri, sisa komunis dan islamopobhia, dihadapi dengan sangat lunak karena berhasil mengendarai HAM," kata Hasyim di Jakarta, Kamis. Padahal, kata Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) itu, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri sama-sama berbahaya.

Baca selengkapnya »
Organization